Kompas.com - 22/03/2022, 15:27 WIB

Ilustrasi skizofrenia.SHUTTERSTOCK/LIGHTSPRING Ilustrasi skizofrenia.

KOMPAS.com - Sempat viral di sosial media mengenai DALY rates atau Disability Adjusted Life Years yang menyebut bahwa jumlah pasien skizofrenia di Indonesia yang menduduki peringkat nomor satu sedunia.

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, diperkirakan sekitar 450 ribu masyarakat Indonesia merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berat.

Prevalensi (permil) rumah tangga dengan ART gangguan jiwa skizofrenia/psikosis lebih banyak terjadi di perdesaan daripada di perkotaan.

Baca juga: Gejala Skizofrenia pada Anak, Berbeda dari Orang Dewasa

Menurut dr. Jiemi Ardian, Sp.KJ, untuk mengukur banyaknya penduduk yang mengalami skizofrenia melalui prevalensi. Berdasarkan Riskesdas 2018, prevalensi skizofrenia di Indonesia sebanyak 6,7 per 1.000 rumah tangga.

Prevalensi ini berbeda dengan angka DALY, berapa banyak tahun yang hilang dari suatu penyakit tertentu. Karena skizofrenia adalah penyakit berjangka panjang, DALY skizofrenia di Indonesia memang besar.

Apa itu skizofrenia?

Skizofrenia adalah penyakit gangguan jiwa berat yang membuat penderitanya kehilangan kontak dengan kenyataan dan kesulitan membedakan mana hal yang nyata dan yang tidak.

Hingga saat ini penyebab dari skizofrenia sulit untuk diketahui.

Skizofrenia merupakan salah satu penyakit yang paling disalahpahami dan sering diberi stigma.

Dalam dunia media, skizofrenia dapat dianggap sebagai sindrom, yang berarti dapat terjadi karena beberapa gangguan yang berhubungan dengan gejala serupa, tetapi penyebab yang berbeda.

Mengutip TedEd, episode psikotik pertama yang terjadi dapat berupa delusi, halusinasi, dan perkataan dan perilaku yang tidak teratur.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.