Kompas.com - 03/04/2022, 03:00 WIB

KOMPAS.com - Sahur adalah hal penting karena makanan yang akan kita konsumsi untuk mencukupi kebutuhan energi selama puasa hampir seharian.

Mengutip buku "Sehat dan Fit Selama Berpuasa" (2016) oleh Yunita Indah Prasetyaningrum, SGz, MPH, makan sahur mencukupi 40 persen kebutuhan energi kita saat menjalankan puasa.

Sehingga, sebisa mungkin untuk tidak melewatkan makan sahur.

Ada pun prinsip saat makan sahur adalah pilih makanan yang dicerna tubuh dalam waktu lama (lambat) atau tidak cepat diubah menjadi glukosa darah.

Baca juga: 4 Cara Bangun Sahur Agar Tidak Telat Saat Puasa Ramadhan

Mengutip buku "Sehat dan Fit Selama Berpuasa" (2016) oleh Yunita Indah Prasetyaningrum, SGz, MPH, selengkapnya berikut tips makanan sahur yang tepat untuk stamina terjaga selama puasa:

1. Makan karbohidrat kompleks

Pilih sumber karbohidrat kompleks yang mampu menyediakan dan mengendalikan cadangan energi untuk beberapa waktu selama melakukan puasa.

Mengutip Healthline, karbohidrat kompleks adalah makanan yang terdiri dari serat dan pati. Sedangkan, karbohidrat sederhana adalah gula.

Serat sangat penting karena meningkatkan menyehatkan usus dan membantu mengontrol kolesterol.

Sumber utama serat makanan, meliputi:

  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Kacang-kacangan
  • Polong-polongan
  • Biji-bijian utuh

Pati juga ditemukan di beberapa makanan yang sama dengan serat. Perbedaannya adalah makanan tertentu dianggap lebih bertepung dari pada berserat, seperti kentang.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.