Kompas.com - 14/04/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Para peneliti meneliti kegunaan semprotan hidung (nasal spray) sebagai cara baru untuk mencegah Covid-19 menginfeksi sel manusia.

Vaksin dan booster Covid-19 telah membantu mencegah orang dari rawat inap dan kematian karena infeksi yang parah.

Namun para peneliti masih mencari cara untuk melakukan pencegahan berlapis.

Baca juga: 10 Tips Puasa Lancar Setelah Sembuh Covid-19

Mengutip Healthline, peneliti di Cornell University telah menguji nasal spray yang berpotensi memblokir infeksi Covid-19.

Studi mereka menemukan bahwa molekul kecil dari nasal spray, jika disemprotkan ke hidung dapat membantu mencegah Covid-19 menginfeksi sel.

Ini masih studi awal yang diujikan pada tikus.

Namun, besar harapan para ahli bahwa jenis penelitian ini dapat membantu ditemukannya cara perlindungan yang lebih baik terhadap virus corona.

Baca juga: G20 Dukung Penyetaraan Sertifikat Digital Vaksin Covid-19

Cara kerja

Mengutip Healthline, ketika semprotan hidung digunakan akan melepaskan molekul yang dapat membantu menghentikan virus menempel pada sel-sel di hidung dan saluran pernapasan.

Para peneliti menemukan bahwa sebuah molekul (N-0385) dapat melindungi subjek sehat terhadap infeksi dan meredakan gejala pada pasien, jika digunakan dalam waktu 12 jam setelah terpapar Covid-19.

Semua tes pada tikus laboratorium menunjukkan bahwa molekul tersebut dapat menghentikan gejala utama infeksi Covid-19 pada tikus.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.