Kompas.com - 14/04/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Mata tidak sekedar indra penglihatan, tetapi juga menawarkan pandangan sekilas tentang kesehatan kita.

Mengutip All About Vision, perubahan pada mata bisa menandakan masalah awal diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kanker.

Berikut macam penyakit yang tanda-tandanya dapat ditangkap mellaui pemeriksaan mata:

Baca juga: 5 Masker Mata Panda Alami yang Praktis

1. Diabetes

Mengutip All About Vision, jika dokter mata melihat bercak darah di bagian belakang mata, Anda mungkin memiliki kondisi yang disebut retinopati diabetik.

Pahami apa yang sebaiknya dilakukan saat mata terkena cairan hand sanitizer untuk mencegah kerusakan mata lebih lanjut.

Retinopati diabetik adalah komplikasi diabetes yang memengaruhi mata dan merupakan penyebab kebutaan, yang bisa memiliki gejala, meliputi:

  • Sakit mata
  • Floaters
  • Penglihatan kabur.

Namun, gejalanya bisa mungkin tidak terlihat sampai kondisinya sudah lanjut, sehingga semakin penting untuk mendapatkan pemeriksaan mata rutin.

Dalam beberapa kasus, dokter mata akan melihat tanda-tanda retinopati diabetik sebelum Anda didiagnosis menderita diabetes, yang dapat memberi Anda langkah awal untuk perubahan gaya hidup dan pengobatan.

Mengutip Good House Keeping faktanya, sebuah studi Agustus 2014 menemukan bahwa 73 persen pasien diabetes yang dijadikan sampel mengalami penglihatan kabur.

Bahkan tanpa kesulitan melihat, dokter mata Anda mungkin dapat mendeteksi diabetes selama pemeriksaan mata berdasarkan ketidakteraturan pada retina Anda.

2. Kolesterol tinggi

Mengutip All About Vision, ketika seseorang memiliki kolesterol tinggi, di mata dapat muncul cincin putih, abu-abu atau biru yang terbentuk di sekitar iris Anda.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.