Kompas.com - 16/06/2022, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa jadi salah satu faktor penyebab tumor payudara ganas.

Dilansir dari National Library of Medicine, faktor nutrisi yang tidak sehat, terkadang bisa meningkatkan risiko tumor payudara.

Sebaliknya, ada juga beberapa nutrisi dalam makanan yang bisa menurunkan risiko penyakit ini. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Tumor Payudara Jinak dan Penyebabnya

Makanan penyebab tumor payudara ganas

Terdapat beberapa makanan penyebab tumor payudara ganas yang sebaiknya dihindari atau diminimalkan konsumsinya, di antaranya:

  • Daging yang dibakar

Dilansir dari Eatthis, mengonsumsi makanan yang dimasak dengan suhu sangat tinggi seperti dibakar, terutama daging dan ikan, bisa meningkatkan risiko tumor payudara ganas.

Ketika dimasak dengan suhu sangat tinggi dalam jangka waktu lama, protein dalam daging bisa berubah menjadi senyawa karsinogenik hetero-ciklik amina (HCA).

Dikutip dari National Library of Medicine, senyawa karsinogenik bisa memicu mutasi DNA di kelenjar susu atau jaringan payudara. Akibatnya sel-sel di payudara tumbuh secara tidak normal.

  • Lemak jenuh

Riset meta-analisis pada 2015 yang meneliti 52 studi yang terbit di jurnal Medicine menunjukkan, wanita yang sudah menopause dan sering mengonsumsi asupan tinggi lemak jenis berisiko terkena tumor payudara.

Menurut penelitian, risiko ini memang cenderung tinggi untuk wanita yang sudah menopause.

Tapi, ada baiknya Anda mengurangi makanan tinggi lemak jenus seperti daging berlemak, gorengan, keju, susu full cream, aneka kue, dan hidangan penutup.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.