Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2022, 06:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengobati infeksi vagina kuncinya terletak pada diagnosis tepat sesuai akar penyebab penyakit.

Perlu diketahui, infeksi vagina adalah peradangan pada vagina yang disebabkan infeksi jamur, bakteri, virus, penyakit menular seksual, sampai paparan zat yang mengiritasi area intim wanita.

Dilansir dari WebMD, gejala infeksi vagina yang biasa dikeluhkan di antaranya rasa tidak nyaman atau nyeri di sekitar area intim, vagina bau tak sedap, keputihan tidak normal, dan sebagainya. Berikut cara mengatasinya.

Baca juga: 8 Gejala Infeksi Vagina, Wanita Perlu Tahu

1. Cara mengobati infeksi vagina karena jamur

Dilansir dari MedicalNewsToday, infeksi vagina biasanya disebabkan jamur candida.

Gejala infeksi vagina karena jamur candida biasanya vagina gatal, panas seperti terbakar, keputihan kental dan lengket, dan vagina bengkak atau kemerahan. Kondisi ini biasanya semakin parah sebelum haid.

Cara mengatasi penyakit ini biasanya memerlukan obat infeksi vagina dengan formulan anti-jamur.

Obat ini ada yang diminum atau berupa salep yang dioleskan ke bagian dalam vagina. Ingat, ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat anti-jamur.

2. Cara mengobati infeksi vagina karena bakteri

Wanita bisa terkena infeksi vagina ketika bakteri baik jenis lactobacilli jumlahnya berkurang, sehingga bakteri jahat berbiak dalam jumlah berlebihan di dalam vagina.

Gejala infeksi vagina karena bakteri ini biasanya keputihan berwarna keabuan, vagina bau amis, kencing terasa sakit, nyeri saat berhubungan seks, dan bibir vagina sangat gatal.

Infeksi vagina juga bisa dipicu bakteri biang penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore. Selain gejala di atas, wanita juga pendarahan di luar jadwal haid dan nyeri panggul.

Cara mengatasi penyakit ini biasanya dengan terapi obat antibiotik sesuai bakteri penyebab infeksi vagina. Ingat, pastikan Anda minum obat antibiotik sesuai anjuran dokter sampai habis meskipun penyakit sudah membaik. Tujuannya, untuk memastikan pengobatan tuntas.

Baca juga: 5 Penyebab Infeksi Vagina yang Rentan Menyerang Wanita

3. Cara mengobati infeksi vagina karena virus

Infeksi vagina bisa disebabkan virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2) biang herpes, dan human papillomavirus (HPV) pemicu kutil kelamin.

Gejala infeksi vagina karena virus ini di antaranya muncul borok atau luka di alat kelaminnya, muncul kutil di vagina dan sekitarnya, vagina gatal dan bengkak, serta demam.

Tidak ada obat infeksi vagina karena virus. Namun, dokter terkadang meresepkan obat anti-virus khusus untuk mengurangi atau meringankan gejala penyakit.

4. Cara mengobati infeksi vagina karena trikomoniasis

Trikomoniasis adalah infeksi menular seksual yang sering menyerang wanita dan bisa menginfeksi vagina. Penyebab penyakit ini biasanya karena parasit Trichomonas vaginalis.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com