Kompas.com - 06/07/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendengar istilah morning sickness? Yah, morning sickness adalah perasaan mual dan muntah selama masa kehamilan.

Biasanya, hal itu terjadi saat pagi hari. Namun, tahukah Anda bahwa morning sickness bisa menyerang kapan saja? Bahkan, di malam hari pun wanita hamil bisa saja mengalami morning sickness.

Ginekolog Selena Zanotti mengatakan bahwa hampir 90 persen orang yang sedang hamil mengalami morning sikcness.

Perasaan mual dan muntah selama kehamilan ini bisa terjadi sepanjang hari.

"Morning sickness memang kerap terjadi saat wanita bagun pagi dan belum makan apapun. Namun, bukan berarti morning sickness akan menghilang saat siang hari," tambahnya.

Morning sickness kemungkinan besar terjadi selama trimester pertama (kira-kira 14 minggu) kehamilan Anda, meskipun dapat berlangsung hingga trimester kedua.

Waktu, frekuensi dan intensitas mual di pagi hari akan bervariasi dari orang ke orang dan dapat berubah selama kehamilan Anda.

Baca juga: Hati-hati Muntah Kuning atau Hijau Bisa Jadi Gejala Serius

Penyebab morning sickness di malam hari

Ada beberapa hal yang membuat wanita hamiul bisa mengalami morning sickness di malam hari. Biasanya, hal itu terjadi karena faktor perubahan hormon selama kehamilan.

Estrogen dan progesteron meningkat pada kehamilan dan dapat mempengaruhi cara makanan dan minuman bergerak melalui tubuh Anda.

Selain itu, hCG (human chorionic gonadotropin, hormon yang bertanggung jawab untuk tes kehamilan positif itu) berada pada puncaknya pada trimester pertama.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.