Kompas.com - 18/07/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Kanker serviks merupakan penyakit mematikan yang ditakuti para wanita. Sayangnya, penyakit ini kadang tidak menunjukkan gejala sehingga beberapa orang terlambat mengenali kondisinya.

Kanker serviks masih menjadi momok bagi wanita di Indonesia. Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 31 Januari 2019, kasus kanker serviks terjadi pada 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian mencapai 13,9 per 100.000 penduduk.

Kemenkes juga menyebut bahwa salah satu penyebab tingginya kematian karena kanker serviks ialah kurangnya kesadaran untuk melakukan vaksin Human Papilloma Virus (HPV).

Baca juga: 7 Cara Pencegahan Kanker Serviks yang Penting Diketahui

Selain itu, para wanita tidak rutin melakukan pemeriksaan diri secara berkala.

Banyak wanita menghindari skrining kanker serviks karena metodenya invansif atau memasukkan alat ke dalam vagina. Sering kali metode ini membuat trauma dan tidak ingin kembali melakukan skrining.

Mengenal alat deteksi kanker serviks

Namun, kini Anda tak perlu khawatir. Sebuah terobosan baru untuk mendeteksi kanker serviks non invansif akan segera diluncurkan bernama Cerviray A.I.

Alat ini merupakan hasil kerja sama antara Pyridam Farma (PYFA) bersama perusahaan Artificial Intelligence (AI) di bidang kesehatan asal Korea Selatan, AIDOT Inc

Cerviray A.I. merupakan alat pendeteksi kanker serviks portable dengan tingkat sensitivitas 93 persen dan tingkat spesifisitas 89 persen.

Alat ini telah mendapatkan berbagai sertifikasi dan dinyatakan paten untuk alat kesehatan dari berbagai negara.

Selain itu, efektivitas alat Cerviray A.I. telah diuji coba oleh dua rumah sakit ternama yaitu Korea University Anam Hospital dan Seoul National University Bundang Hospital.

Baca juga: Kanker Serviks Selama Kehamilan Ancam Keselamatan Ibu dan Janin

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.