Kompas.com - 24/07/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Penting menjaga kesehatan saluran kemih karena berperan penting menyaring limbah dan cairan ekstra dari aliran darah dan membuangnya dari tubuh.

Limbah dan cairan ekstra itu dibuang dalam bentuk urin.

Mengutip National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), bagian tubuh yang berperan dalam saluran kemih meliputi 2 ginjal, 2 ureter, kandung kemih, dan uretra.

Semua bagian tersebut harus sehat untuk bisa bekerja sama dalam urutan yang benar dan kencing Anda normal.

Untuk buang air kecil, otak Anda memberi sinyal pada otot sfingter untuk rileks.

Kemudian itu memberi sinyal pada dinding kandung kemih yang berotot untuk mengencang, memeras urin melalui uretra, dan keluar dari kandung kemih Anda.

Baca juga: Tanda-tanda Saluran Kemih Tidak Sehat karena Infeksi

Berikut cara untuk menjaga kesehatan saluran kemih yang perlu diketahui:

1. Minum cukup air

Mengutip Verywell Health, setiap orang yang sehat perlu minum setidaknya 8 gelas berukuran 230 ml atau total 2 liter setiap hari karena dapat menjaga kesehatan saluran kemih.

Air yang Anda minum akan disaring melalui ginjal untuk dikumpulkan di kandung kemih sampai Anda merasa ingin buang air kecil.

Bila Anda tidak minum cukup air, urin menjadi pekat, bau lebih kuat, sampai bisa mengiritasi kandung kemih dan membuat lebih sering buang air kecil.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.