Kompas.com - 28/07/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Hepatitis pada anak adalah salah satu penyakit menular yang perlu diwaspadai setiap orangtua.

Menurut laporan Riset Kesehatan Dasar (riskesdas) 2018, temuan kasus atau prevalensi terbesar hepatitis di Indonesia terjadi pada anak-anak umur 5–14 tahun.

Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyebutkan, setiap 30 detik terdapat satu orang yang meninggal akibat penyakit terkait dengan hepatitis.

Baca juga: Anak Rasakan Gejala Hepatitis Akut Misterius, Ini Saran untuk Orangtua...

Perlu diketahui, hepatitis adalah penyakit peradangan hati yang disebabkan infeksi virus. Jenis virus hepatitis yang paling sering menyerang adalah hepatitis A, B, dan C.

Penyakit yang menyerang fungsi hati atau liver ini dapat menyebabkan beragam ganguan kesehatan, termasuk meningkatkan risiko kanker hati sampai kematian apabila hepatitis tidak diobati dengan tepat.

Bertepatan dengan Hari Hepatitis Sedunia pada 28 Juli, tingkatkan kewaspadaan pada penyakit yang rentan menyerang anak ini dengan mengenali gejala sampai cara pencegahannya.

Baca juga: Cegah Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Terapkan Hidup Bersih

Gejala hepatitis pada anak

Dokter Spesialis Anak dr. Kurniawan Satria Denta, M,Sc, Sp.A dari Mayapada Hospital dan Klinik Spesialis Anak KiDi Pejaten Jakarta mengingatkan, anak-anak rentan tertular virus hepatitis.

Bahkan, belakangan ada temuan penyakit hepatitis akut misterius yang mayoritas juga menyerang anak-anak umur 1 bulan hingga 16 tahun.

Untuk mengantisipasi penyakit ini, Denta menyampaikan agar para orangtua mengenali gejala hepatitis.

“Gejala hepatitis umumnya ditandai dengan demam, nyeri perut, dan gejala kuning pada badan,” jelas Denta, melalui siaran pers GlaxoSmithKline (GSK) Indonesia yang diterima Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.