Kompas.com - 09/08/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Wanita yang mengidap polip rahim perlu mempertimbangkan makanan yang sehat agar penyakitnya terkendali.

Dilansir dari Drugs, polip rahim adalah pertumbuhan jaringan endometrium atau selaput lendir abnormal di rahim.

Penyebab polip rahim tidak diketahui secara pasti. Tapi, faktor hormon tidak seimbang sampai kegemukan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Untuk mengelola masalah kesehatan ini agar tidak memburuk atau bertambah parah, Anda perlu menjaga berat badan tetap ideal. Berikut beberapa makanan untuk penderita polip rahim berikut pantangannya.

Baca juga: 8 Gejala Polip Rahim, Perhatikan Perubahan Haid

Makanan untuk penderita polip rahim

Pola makan sehat dan seimbang adalah jenis makanan untuk polip rahim agar penyakit tidak bertambah parah. Dilansir dari Healthy, berikut beberapa rekomendasinya:

  • Buah idealnya satu porsi setiap sesi makan seperti sarapan, makan siang, dan makan malam. Selain itu, konsumsi buah sebagai camilan di sela-sela jam makan utama
  • Sayuran paling ideal dimakan di setiap sesi makan termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam
  • Biji-bijian utuh seperti roti gandum, pasta gandum utuh, seral bekatul, atau beras merah bisa dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat di setiap sesi makan seperti sarapan, makan siang, dan makan malam
  • Protein minim lemak jahat seperti ikan bakar, ayam panggang, susu rendah lemak, atau telur rebus bisa jadi lauk di setiap sesi makan

Jika berat badan Anda masih jauh di atas ideal padahal sudah rutin mengganti menu sehari-hari sesuai rekomendasi di atas, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis gizi disamping dokter yang menangani polip rahim.

Baca juga: Penyebab Polip Rahim dan Faktor Risikonya

Pantangan makanan untuk penderita polip rahim

Segala jenis makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan tinggi kalori sebaiknya dihindari penderita polip rahim. Di antaranya:

  • Gorengan
  • Segala jenis makanan instan
  • Segala jenis makanan beku (frozen food)
  • Segala jenis makanan kalengan
  • Segala jenis makanan cepat saji
  • Daging merah, jeroan, kulit ayam
  • Susu full cream
  • Makanan tinggi natrium, penyedap, perasa
  • Makanan tinggi gula, termasuk segala jenis minuman manis

Sebisa mungkin hindari pantangan makanan untuk penderita polip rahim di atas. Jika susah, batasi asupan makanan tinggi lemak jahat dan kalori ini tak lebih dari 10 persen dari total kalori harian Anda.

Baca juga: 4 Perbedaan Polip dan Miom di Rahim yang Perlu Diketahui

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.