Kompas.com - 12/08/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Ambeien atau wasir umumnya bukan kondisi medis yang serius. Sehingga, tidak semua jenis ambeien membutuhkan tindakan operasi.

Wasir atau ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di anus atau rektum bagian bawah, mirip dengan varises. Dalam dunia medis, wasir disebut dengan hemoroid.

Tidak semua wasir terlihat, tetapi pada kondisi parah bisa berbentuk benjolan kemerahan atau membiru.

Benjolan itu dapat muncul, terutama setelah seseorang buang air besar (BAB). Kondisi ini lantas menyebabkan anus terasa gatal sehingga Anda berhasrat untuk menggaruknya.

Baca juga: 10 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Benjolan yang muncul di anus juga bisa membuat Anda merasa tidak nyaman saat duduk atau beraktivitas berat. Bahkan, benjolan itu bisa membuat seseorang kesakitan dan berdarah.

Benjolan ambeien bisa diatasi dengan cara alami seperti merendam bokong pada baskom berisi air hangat dicampur garam epsom atau mengoleskan cairan daun lidah buaya. Namun, apabila perawatan ala rumahan tidak dapat mengatasi ambeien, Anda perlu segera periksa ke rumah sakit.

Melansir Healthline, ada beberapa jenis ambeien yang perlu mendapat tindakan operasi. Yuk, simak paparan berikut.

Ambeien internal derajat 3 dan 4

Ambeien internal adalah pembengkakan yang terjadi di dalam anus, tepatnya di liang rektum. Ambeien internal boasanya tidak menimbulkan jela dan rasa sakit.

Ambeien internal dibagi menjadi derajat 1 hingga 4 berdasarkan pada kondisi benjolan di anus.

Pada derajat 1 benjolan terdapat di dalam anus. Ambeien ini tidak muncul di permukaan anus. Melihat kondisi ini, ambeien internal derajat satu tidak memerlukan tindakan operasi.

Baca juga: Ambeien Setelah Melahirkan, Apakah Bisa Sembuh Sendiri?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.