Kompas.com - 19/08/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda menyaksikan peristiwa atau film tentang orang yang hobi mencuri meskipun dia kaya raya?

Yah, hal semacam itu memang benar-benar bisa terjadi di dunia nyata. Memang orang mencuri biasanya karena "kepepet" tak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun, ada juga yang mencuri karena orang tersebut mengalami suatu gangguan jiwa yang disebut kleptomania.

Kleptomania adalah kondisi kesehatan mental di mana seseorang merasakan dorongan yang kuat dan tak tertahankan untuk mencuri sesuatu.

Penderita kleptomania memahami bahwa mencuri adalah hal yang salah. Namun, mereka tetap tidak bisa mengendalikan dorongan tersebut.

Orang yang mengalami kleptomania melakukan pencuian bukan karena kekurangan. Namun, hal itu mereka lakukan karena rendahnya pengendalian diri.

Baca juga: 4 Alasan Kulit Sering Digigit Nyamuk

Efek kleptomania pada tubuh

Otak manusial seperti komputer yang sangat kompleks, dengan jaringan koneksi yang rumit antara berbagai wilayah otak Anda.

Koneksi itu membuat sirkuit, yang digunakan otak untuk membantu Anda membentuk pikiran dan mengubah pikiran itu menjadi tindakan. Setiap kali Anda mempelajari sesuatu yang baru, otak Anda membuat sirkuit baru.

Ketika Anda belajar untuk tidak melakukan sesuatu, otak akan menciptakan sirkutit yang menghambat agar hal yang Anda pelajari tersebut tidak dilakukan.

Hal ini sangat penting untuk membantu Anda dalam situasi sosial, mencegah Anda melakukan atau mengatakan hal yang tidak dapat diterima oleh orang lain.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.