Kompas.com - 19/08/2022, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Pernah terinfeksi virus Corona bukan berarti Anda kebal dari Covid-19.

Covid-19 bukan seperti cacar air, di mana Anda mengalaminya satu kali lalu akan kebal selamanya.

Sayangnya, Anda bisa terkena Covid-19 lebih dari sekali.

Dokter perawatan kritis Abhijit Duggal mengatakan bahwa struktur virus Covid-19 bisa berubah sehingga sistem kekebalan tubuh tidak dapat mengenali virus tersebut sebagai hal yang pernah masuk ke tubuh Anda.

Oleh karena itu, risiko Anda untuk terinfeksi ulang meningkat ketika virus mengalami mutasi.

Baca juga: 4 Alasan Kulit Sering Digigit Nyamuk

Berapa kali kita bisa terinfeksi Covid-19?

Kita mungkin bertanya-tanya berapa kali kita bisa terinfeksi Covid-19. Namun, tidak ada batas pasti berapa kali kita bisa positif Covid-19.

"Hal ini sama dengan tidak ada jumlah pasti berapa kali Anda bisa mengalami pilek seumur hidup. Begitu juga dengan Covid-1. Jika ada varian baru, risiko infeksi ulang selalu ada," ucap Duggal.

Beberapa virus seperti cacar air, relatif sama dari waktu ke waktu. Namun, virus Corona mirip dengan virus flu, yang mengalami mutasi dari waktu ke waktu.

Setelah tubuh Anda berhasil melawan covid-19 yang lama atau Anda mendapatkan vaksin Covid-19, sistem kekebalan tubuh dapat mengenali virus yang menyerang ketika mencoba untuk kembali.

Namun jika muncul virus Corona dengan varian baru, maka kekebalan tubuh yang terbentuk tidak akan mengenali virus tersebut.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.