Kompas.com - 31/08/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Air perasan lemon adalah salah satu pelengkap yang sering digunakan bersama minuman yang lainnya, seperti teh, infused water, hingga cocktail.

Tidak hanya membuat minuman terasa lebih segar, ternyata air perasan lemon juga memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh dan salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

Lalu, apakah benar bahwa minum air perasan lemon berguna untuk menurunkan berat badan? Berikut faktanya.

Baca juga: Apakah Infused Water yang Menggunakan Daun Mint Bermanfaat?


Kandungan air perasan lemon untuk menurunkan berat badan

Banyak yang percaya bahwa minum air lemon bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Healthline menjelaskan bahwa lemon sering dikatakan sebagai buah yang bisa menurunkan berat badan karena kandungan pektin yang merupakan serat larut di dalam buah.

Ketika seseorang mengonsumsi buah yang kaya akan pektin, maka pektin akan mengembang di dalam perut dan memberikan sensasi kenyang yang lebih lama.

Namun sayangnya, manfaat ini hanya didapatkan ketika lemon dikonsumsi langsung dan air lemon tidak mengandung pektin sehingga tidak memberikan manfaat yang sama.

Meskipun begitu, air lemon masih dipercaya bisa membantu dalam menurunkan berat badan karena kandungan nutrisi lain yang dimilikinya, khususnya adalah polifenol.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian dari Jepang yang terbit pada Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition di tahun 2008.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kandungan polifenol di dalam lemon yang dikonsumsi oleh tikus bisa menekan penambahan berat badan dan lemak tubuh.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.