Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Infused Water yang Menggunakan Daun Mint Bermanfaat?

Kompas.com - 31/07/2022, 10:34 WIB
Ria Apriani Kusumastuti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seharian beraktivitas di bawah terik matahari membuat badan gerah dan meminum minuman dingin dan menyegarkan bisa menjadi jawabannya.

Salah satu minuman yang cukup populer karena rasanya yang segar dan dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah air detoks atau infused water.

Ada banyak buah yang bisa digunakan sebagai campuran dari infused water ini dan yang paling populer adalah daun mint.

Namun, apakah ada manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi infused water yang dicampur dengan mint? Bagaimana dengan efek samping yang mungkin timbul?

Baca juga: 7 Manfaat Infused Water Lemon untuk Kesehatan

Manfaat infused water yang dicampur mint masih kurang

Melansir Healthline, daun mint memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena daun mint sendiri kaya akan antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi.

Tidak hanya itu saja, spearmint yang masih merupakan keluarga mint bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon.

Healthline menambahkan bahwa manfaat daun mint ini tidak bisa disamakan dengan manfaat yang bisa didapatkan ketika menyampurkannya dengan air karena kurangnya penelitian yang dilakukan.

Meskipun begitu, mengonsumsi infused water yang berisikan daun mint dipercaya bisa memberikan beberapa manfaat bagi tubuh.

1. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi air yang cukup bisa membantu dalam menurunkan berat badan, terutama jika mengonsumsi infused water sebagai pengganti minuman dengan kalori tinggi.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Obesity pada tahun 2018 menunjukkan bahwa mengonsumsi air selama 5 kali dalam seminggu bisa menurunkan berat badan pada 71 partisipan penelitian ini.

Penelitian yang serupa juga dilakukan oleh peneliti dari Universidad Autónoma de Baja California yang diterbitkan di Jurnal Nutricion Hospitalaria pada tahun 2019.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mengganti minuman tinggi kalori dengan air bisa menurunkan sekitar 5.15 persen berat badan.

Meskipun penelitian yang melibatkan infused water dengan mint masih sangat kurang, namun mengganti minuman berkalori dingin dengan minuman ini, secara tidak langsung bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Minum Jus atau Infused Water, Mana yang Lebih Baik?

2. Melancarkan pencernaan

Melasir Healthline, banyak orang yang mengonsumsi infused water dengan mint merasakan pencernaan yang semakin lancar dan sakit perut yang berkurang.

Meskipun begitu, penelitian yang dilakukan hanya berkaitan dengan produk olahan mint yaitu peppermint oil.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com