Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Ajak Masyarakat Pilih Produk Berbahan Alami sebagai Alternatif, Nucleus Farma Tegaskan Produknya Aman

Kompas.com - 21/10/2022, 11:41 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - PT Natura Nuswantara Nirmala atau dikenal dengan Nucleus Farma menjamin produk cairan obat produksinya, yakni Onoiwa MX dan Onoiwa MX for Kids tidak mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

“Produksi obat bentuk sediaan cair kami diproduksi dengan standar Good Manufacturing Practices (GMP) dan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB). Kami juga menggunakan 100 persen bahan alami,” ujar Chief Executive Officer sekaligus Founder Nucleus Farma, Edward Basilianus dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Sebagai informasi, pernyataan yang dikemukakan Edward merupakan respons atas maraknya pemberitaan tentang bahaya kandungan EG dan DEG pada obat sirup.

Meski demikian, Nucleus Farma, kata Edward, sangat menghormati pernyataan kehati-hatian dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) yang bertujuan untuk menjaga kesehatan masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, Kemenkes RI memberikan instruksi pada semua apotek dan fasilitas kesehatan untuk menyetop penjualan obat sirup sementara.

Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi atas dugaan penggunaan paracetamol sirup yang disebut terpapar zat berbahaya EG dan DEG sebagai penyebab gangguan ginjal akut misterius pada anak belakangan ini.

Perintah larangan penggunaan obat sirup itu terdapat dalam surat edaran (SE) Kemenkes Nomor SR.01.05/III/3461/2022. Di dalamnya dijelaskan, apotek dilarang menjual bebas obat sirup kepada masyarakat untuk sakit apa pun untuk sementara.

Produk berbahan alami jadi alternatif

Edward yang juga salah satu pengurus gabungan pengusaha (GP) Jamu Pusat menyampaikan bahwa sementara waktu, masyarakat bisa memilih produk berbahan alami sebagai alternatif obat.

“Obat berbahan dasar alami sudah mengakar pada kebudayaan masyarakat Indonesia. Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki warisan yang dikenal dengan jamu tradisional dan telah menjadi andalan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, meningkatkan stamina tubuh, dan merawat kecantikan,” ujarnya.

Untuk itu, iya meyakinkan masyarakat untuk kembali memakai cara tradisional yang lebih aman. Istilahnya, back to nature, seperti yang dipakai pada zaman nenek moyang dulu.

“Jamu tak hanya dikenal di negara kita sendiri. Gaungnya bahkan telah tersohor hingga ke mancanegara. Oleh karena itu, jamu juga diusulkan agar dapat mendapat pengakuan dunia sebagai warisan budaya asli Tanah Air melalui Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO),” tambahnya.

Obat produksi Nucleus Farma.Dok Nucleus Farma Obat produksi Nucleus Farma.

Terakhir, ia menegaskan kembali bahwa produk Nucleus Farma diproduksi dengan basis riset, menggunakan bahan alami, dan mengedepankan studi ilmiah, serta pengkajian formula menggunakan teknologi terkini, tanpa campuran bahan kimia.

“Oleh karena itu, Onoiwa MX dan Onoiwa for Kids dapat digunakan dengan aman oleh masyarakat Indonesia untuk membantu kondisi tubuh agar tetap prima dan sehat, terutama untuk para orangtua yang ingin memberikan pilihan terbaik untuk dikonsumsi oleh buah hati tercinta,” sambungnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com