Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Obat Alami Batuk dan Pilek untuk Anak yang Praktis dan Aman

Kompas.com - 21/10/2022, 06:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Batuk dan pilek adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup sering diderita anak.

Penyebab penyakit ini biasanya karena infeksi virus ringan seperti salesma atau alergi.

Perlu diketahui, pemberian obat batuk dan pilek atau obat batuk dan flu untuk anak tidak boleh sembarangan serta perlu pengawasan dokter, terutama bagi anak di bawah usia enam tahun. 

Baca juga: 8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh

Setelah anak berusia enam tahun, pemberian obat batuk dan pilek juga perlu memperhatikan petunjuk keamanan obat.

Untuk pertolongan pertama, ada baiknya orangtua mengupayakan dulu langkah-langkah alami yang relatif aman. Simak beberapa obat alami batuk dan pilek untuk anak berikut ini.

Obat alami batuk dan pilek untuk anak

Ada beberapa obat alami batuk dan pilek untuk anak yang bisa diberikan orangtua, antara lain:

  • Wedang hangat

Saat batuk dan pilek, upayakan anak banyak minum. Wedang hangat seperti air putih hangat, perasan lemon, atau kuah sup dan kaldu hangat bisa membantu mengencerkan lendir di tenggorokan. Hindari asupan berkafein seperti teh karena memicu sering kencing.

  • Mandi air hangat

Ketika batuk dan pilek anak kambuh, mandikan anak dengan air hangat. Upayakan untuk tetap mengalirkan air hangat lewat pancuran. Dengan begitu, banyak uap hangat yang bisa terhirup anak, sehingga napas yang tersumbat lendir jadi lebih plong, dan anak lebih tenang sebelum tidur. Mandi air hangat ini sebaiknya tidak terlalu lama, terutama jika anak demam.

Baca juga: 5 Obat Batuk Anak Alami yang Aman dan Praktis

  • Semprotan hidung

Semprotan hidung atau larutan garam juga bisa membantu melonggarkan jalan napas yang tersumbat lendir. Obat alami batuk dan pilek anak ini kerap tidak disukai anak karena tidak nyaman. Tapi, begitu lendir keluar, napas bisa lebih lega. Jika anak tidak mau memakainya, ajari anak 6 tahun ke atas kumur dengan air hangat yang diberi sedikit garam.

  • Minyak hangat

Oleskan minyak balur hangat, balsam anak, atau gel mentol yang bisa menghangatkan tubuh, tanpa membuat kulit anak teriritasi. Oleskan pada bagian dada atau sekitar leher anak. Sebelum mengoleskannya ke bagian dada, coba dulu di bagian lengan anak. Jika tidak ada tanda-tanda kemerahan atau kepanasan, baru oleskan ke bagian tubuh lain yang lebih luas.

Baca juga: 7 Obat Demam Alami, Aman untuk Anak sampai Dewasa

  • Madu

Berikan satu sendok teh madu untuk obat batuk alami anak satu tahun ke atas. Agar lebih berkhasiat mengatasi batuk dan pilek, campurkan madu dengan wedang lemon atau wedang jahe. Ingat, madu tidak boleh diberikan pada anak di bawah satu tahun karena bisa menyebabkan keracunan.

Kapan anak perlu dibawa ke dokter saat batuk dan pilek?

Apabila beragam obat alami batuk dan pilek untuk anak di atas sudah diberikan tapi buah hati tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda memeriksakan anak ke dokter.

Terutama jika gejala batuk dan pilek anak disertai sesak napas, napas lebih cepat dari biasanya, disertai muntah-muntah, badan lemas, dan demam lebih dari tiga hari.

Tapi, umumnya si kecil bisa membaik setelah beberapa hari diberi beberapa obat alami batuk dan pilek anak di atas. Selama pengobatan, pastikan anak diberikan asupan memadai dan banyak istirahat proses pemulihannya optimal.

Baca juga: 8 Obat Pilek Alami yang Praktis ala Rumahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com