Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Anak yang Bisa Diupayakan Orangtua

Kompas.com - 20/10/2022, 21:31 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orangtua khawatir anaknya terkena penyakit ginjal, termasuk gagal ginjal pada anak.

Untuk diketahui, gagal ginjal pada anak bisa terjadi ketika organ vital ini mengalami penurunan fungsi secara signifikan atau sama sekali tidak berfungsi.

Dilansir dari Kid’sHealth, gagal ginjal bisa bersifat akut atau terjadi secara mendadak. Penyebab kondisi ini bisa berasal dari infeksi, cedera, gagal jantung, keracunan, atau konsumsi obat berlebihan.

Baca juga: 5 Obat Tercemar Zat Berbahaya Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak

Selain itu, gagal ginjal kronis pada anak. Penyebabnya bisa karena gagal ginjal akut yang kondisinya tidak kunjung membaik, kelainan bawaan, atau penyakit ginjal kronis.

Mengingat penyakit ginjal sampai gagal ginjal bisa menyerang anak-anak, ada baiknya para orangtua mengambil langkah pencegahan untuk mengantisipasi penyakit ini.

Simak beberapa cara menjaga kesehatan ginjal anak yang bisa diupayakan orangtua berikut ini.

Cara menjaga kesehatan ginjal anak

Cara menjaga kesehatan ginjal anak perlu diupayakan sejak sedini mungkin. Dilansir dari National Kidney Foundation, berikut beberapa di antaranya:

  • Cukup minum

Pastikan anak cukup minum setiap hari. Tujuannya untuk mencegah dehidrasi. Kekurangan cairan yang parah bisa mengganggu fungsi tubuh dan merusak ginjal.

Sejak bayi, berikan ASI esklusif sesuai anjuran tenaga kesehatan. Selepas ASI, berikan air minum yang sehat untuk anak-anak. Orangtua bisa memberikan air putih, jus tanpa tambahan gula, atau susu tanpa tambahan gula berlebih.

Memastikan anak cukup minum sangat penting. Terutama saat cuaca panas, anak banyak beraktivitas, diare, atau muntah-muntah.

  • Kurangi gula

Konsumsi gula berlebih bisa meningkatkan risiko diabetes, seiring bertambahnya usia anak-anak.

Untuk diketahui, gula darah tinggi adalah penyebab utama gagal ginjal pada orang dewasa. Gula darah tinggi juga dapat membebani ginjal anak.

Jadi, sejak dini jangan biasakan anak mengonsumsi asupan manis berlebihan. Batasi asupan manis seperti minuman manis, susu dengan tambahan gula, camilan manis, makanan dalam kemasan, atau aneka saus.

Sebagai gantinya, berikan gula alami dari nasi putih, buah-buahan, atau sayur yang bercita rasa manis.

Baca juga: 4 Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak, Orangtua Perlu Waspada

  • Batasi garam dan natrium

Konsumsi garam, natrium, termasuk bumbu-bumbu penyedap instan bercita rasa gurih yang berlebihan bisa membuat tubuh menahan lebih banyak air.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com