Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Dikdik Kodarusman
Dokter RSUD Majalengka

Dokter, peminat kajian autofagi. Saat ini bekerja di RSUD Majalengka, Jawa Barat

Kadar Gula Darah Tak Pengaruhi Pelepasan Insulin dan Glukagon

Kompas.com - 31/10/2022, 11:01 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SELAMA ini kita diajarkan bahwa metabolisme glukosa diatur oleh sepasang hormon pankreas. Kedua hormon ini bekerja berlawanan.

Hormon pertama bernama insulin, bertugas menurunkan kadar glukosa darah. Caranya dengan melakukan transpor aktif glukosa ke dalam sel.

Hormon yang kedua adalah glukagon. Tugasnya meningkatkan kadar glukosa darah. Caranya memicu pemecahan lemak dan gula otot (glikogen) menjadi glukosa, sehingga tubuh tidak mengalami kondisi hipoglikemia.

Baca juga: 4 Jenis Insulin untuk Penderita Diabetes

Diduga, fungsi kedua hormon itu dipengaruhi oleh naik turunnya kadar gula darah, sehingga tidak mungkin keduanya bekerja bersamaan. Sayangnya dugaan itu tidak pernah ada buktinya.

Hingga saat ini, belum pernah ditemukan reseptor peka glukosa. Baik itu di pankreas ataupun saraf pusat. Sebaliknya banyak sekali penelitian yang membuktikan glukagon dan insulin dapat dilepaskan bersamaan.

Dengan demikian, dugaan insulin dan glukagon bekerja secara antagonis tidak terbukti. - (RP Cornell, Hyperinsulinemia and hyperglucagonemia in fasted rats during liver regeneration, 1981;240.)

Faktor pelepasan insulin dan glukagon

Sebaliknya, banyak sekali penelitian yang menemukan berbagai faktor yang memengaruhi pelepasan insulin dan glukagon. Hal itu sama sekali tidak berhubungan dengan naik turunnya kadar glukosa darah.

Insulin, hormon pankreas yang paling dikenal, dihasilkan oleh sel beta pankreas.  Banyak hal yang memengaruhi pelepasan insulin. Yang paling banyak dikaji saat ini adalah inkretin. Kajian tentang inkretin sangat menarik karena berkaitan dengan aktivitas harian. - (JJ Holst, The incretin system in healthy humans: The role of GIP and GLP-1, 2019)

Inkretin, terutama GIP dan GLP-1 terbukti memengaruhi pelepasan insulin di sel beta pankreas. Pada GLP-1 disertai aksi penghambatan pelepasan glukagon, sedangkan GIP tidak memiliki efek penghambatan tersebut.- (JJ Holst). 

Inkretin adalah hormon yang dihasilkan saluran cerna. GLP-1 dihasilkan oleh sel L yang berada di saluran cerna bagian atas. Sedangkan GIP dihasilkan oleh sel K yang berada di saluran cerna bagian bawah. Kedua hormon tersebut pelepasannya dipengaruhi oleh pelepasan makanan. - (JJ Holst).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+