Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2022, 23:00 WIB

KOMPAS.com - Bagi beberapa orang, ukuran penis saat ereksi mungkin dapat memengaruhi kenyamanan saat berhubungan seksual atau penestrasi.

Perlu diketahui, panjang penis pria sebelum ereksi rata-rata 9 cm. Sementara, ketika ereksi umumnya berkisar antara 13-15 cm.

Kendati demikian, ada beberapa pria yang memiliki penis berukuran lebih besar saat ereksi yaitu hingga 18-19 cm.

Baca juga: Macam-macam Penyebab Rasa Sakit Saat Penis Penetrasi di Vagina

Penis besar yang dimiliki seorang pria bisa saja membuat wanita atau pasangannya merasa lebih puas saat berhubungan seks. Namun, ukuran penis juga menimbulkan rasa cemas saat penetrasi.

Untuk mengatasi kecemasan tersebut, berikut dirangkum beberapa cara meningkatkan kenyamanan hubungan seks jika pria memiliki penis berukuran besar.

1. Lakukan foreplay lebih lama

Beberapa pasangan mungkin merasa bergairah sehingga siap untuk bercinta. Meski begitu, jangan lewatkan momen foreplay, terutama bagi pria yang memiliki penis berukuran besar.

Foreplay dapat meningkatkan rangsangan pada vagina sehingga mencegah rasa pegal atau robekan di liang vagina akibat penis pasangan yang terlalu besar.

Ketika gairah meningkat, secara alami memanjang dan menjadi lebih fleksibel sehingga cukup untuk menampung hampir keseluruhan batang penis.

 

2. Siapkan pelumas

Pelumas diperlukan untuk mempermudah penetrasi. Wanita mungkin membutuhkan tambahan pelumas agar vaginanya mampu menampung penis pria yang berukuran lebih besar daripada umumya.

Usahakan mencari pelumas yang memiliki risiko reaksi alergi lebih kecil (hipoalergenik) serta mengandung bahan alami.

Baca juga: 7 Fakta tentang Penis yang Jarang Diketahui Para Wanita

3. Cari ukuran kondom yang sesuai

Tidak semua kondom cocok untuk segala ukuran penis. Untuk itu, pilihlah kondom sesuai ukuran penis agar seks terasa lebih nyaman dan lebih optimal dalam mencegah kehamilan serta penyakit menular seksual.

4. Lakukan posisi bercinta yang aman

Posisi bercinta sangat menentukan kenyamanan dan kenikmatan dalam berhubungan seks. Beberapa posisi yang direkomendasikan jika pria memiliki penis besar, meliputi:

  • women on top: wanita dapat mengontrol seberapa dalam penis masuk ke vaginanya.
  • misionaris: cobalah lakukan posisi bercinta ini dengan memasukkan kaki Anda ke dalam kaki pasangan untuk memberikan stimulasi klitoris dan mencegah seluruh batang penis masuk ke dalam vagina.
  • doggy style: bagi yang menginginkan seluruh batang penis masuk ke vagina, wanita dapat meninggikan pinggulnya, lalu membuka kaki lebih lebar. Sementara, jika tak ingin seluruh penis masuk, Anda dianjurkan untuk menutup atau membiarkan kaki tetap rapat.

Baca juga: 7 Gejala Penyakit Peyronie, Penis Jadi Pendek hingga Susah Ereksi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Sumber Health.com

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+