Kompas.com - 24/11/2022, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Olahraga tak hanya menguras tenaga, tetapi juga membuat perut terasa kosong sehingga kita perlu makan dan minum.

Diketahui, saat kita berolahraga, terutama dengan intensitas tinggi, otot menggunakan glikogen (sumber bahan bakar tubuh). Hal ini mengakibatkan glikogen di otot terkuras dan juga menyebabkan kita merasa lapar.

Beberapa protein di otot juga bisa pecah dan rusak akibat workout. Karena itu, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi setelah menjalani aktivitas fisik berat, seperti olahraga.

Baca juga: 5 Makanan Bergizi yang Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Nutrisi dari makanan akan digunakan tubuh untuk membangun kembali simpanan glikogen dan protein di otot, serta memulihkan fisik.

Untuk mengembalikan kekuatan dan memaksimalkan hasil workout, kita disarankan mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah olahraga.

1. Susu cokelat

Susu cokelat memiliki rasio karbohidrat dan protein yang ideal, yaitu sekitar 4 banding 1. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengisi bahan bakar yang hilang akibat olahraga dan membangun otot.

Sebuah studi menunjukkan, seorang atlet yang meminum segelas susu cokelat setelah latihan akan pulih lebih cepat daripada mereka yang hanya minum minuman mengandung karbohidrat.

Ditambah lagi, 90 persen susu coklat merupakan air, sehingga bisa menggantikan sebagian cairan yang hilang saat berolahraga.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Kita Jarang Olahraga?

2. Greek yoghurt dengan buah

Semangkok greek yoghurt mengandung sekitar 20 gram protein. Anda dapat menambahkan lebih banyak nutrisi dengan mengisi buah-buahan di mangkok Anda. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.