Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2022, 06:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa orang mungkin ragu-ragu untuk makan sebelum olahraga. Hal itu karena kekhawatiran akan gangguan pencernaan yang bisa timbul di tengah sesi olahraga hingga kenaikan berat badan.

Padahal, makan sangat penting dilakukan sebelum kita berolahraga. Pasalnya, tubuh memerlukan beberapa nutrisi sebelum melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, terlebih di pagi hari saat gula darah berada pada skor rendah.

Untuk memaksimalkan sesi workout, pakar menyarankan agar kita mengisi perut 2-3 jam sebelum olahraga. Namun, dalam kasus tertentu, kita diperbolehkan makan 40-60 menit sebelum workout.

Baca juga: 6 Makanan Terburuk untuk Gigi Anak yang Sebaiknya Dihindari

Dilansir dari Healthline, Anda sebaiknya menentukan waktu makan sesuai kondisi tubuh atau dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan ahli gizi.

Selain memperhatikan waktu, kita juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.

Diketahui, karbohidrat menghasilkan glukosa yang menyediakan energi untuk tubuh. Kemudian, makanan mengandung protein dapat melindungi otot dari kerusakan yang disebabkan selama sesi olahraga.

Sementara itu, lemak berguna dalam menyediakan cadangan energi, melindungi organ tubuh, dan membantu penyerapan zat gizi.

Lantas, apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebelum olahraga? Agar tidak salah pilih, yuk simak paparan berikut.

 

1. Roti dengan selai

Roti dan selai cocok dijadikan menu makanan sebelum olahraga Roti dan selai cocok dijadikan menu makanan sebelum olahraga

Roti berisi selai (usahakan yang dibuat dengan bahan alami atau produksi sendiri), dapat memberi rasa kenyang dan energi yang dibutuhkan otot Anda selama berolahraga.

Selai kacang menambahkan dosis protein, yang membantu Anda dalam melindungi dan membentuk otot. Selain itu, kacang dalam jumlah kecil dapat membantu Anda mempertahankan berat badan.

Jika Anda bukan penggemar kacang, selai buah-buahan, seperti strawberry, blueberry, atau nanas, juga dapat dijadikan pilihan karena memberi sensasi segar dan mengatasi gula darah rendah saat pagi hari.

Baca juga: Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Vagina

2. Roti gandum utuh dan telur

Karbohidrat dari roti dapat menyediakan energi selama olahraga, sementara seratnya dapat menjaga kadar gula darah tetap seimbang.

Sajikan roti gandum dengan telur untuk menambah nutrisi. Mengutip WebMD, telur adalah sumber protein lengkap dengan sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot.

3. Smoothie buah dicampur yoghurt

Smoothie buah dicampur yoghurt cocok dijadikan menu sarapan sebelum olahraga Smoothie buah dicampur yoghurt cocok dijadikan menu sarapan sebelum olahraga

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com