Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengatasi Polip Hidung secara Alami yang Bisa Dijajal

Kompas.com - 31/12/2022, 15:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Polip hidung adalah salah satu gangguan pernapasan yang akan membuat penderitanya sulit bernapas dan mengenali bau.

Polip hidung tidak berbahaya seperti gangguan pernapasan yang lainnya. Tapi, ukurannya bisa bertambah besar sehingga bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan mengganggu.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi polip hidung secara alami yang bisa digunakan sebagai pengganti obat polip hidung.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Polip Hidung, Gejala, dan Obatnya

Cara mengatasi polip hidung secara alami

Disarikan dari Medical News Today dan Healthline, berikut beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi polip hidung secara alami yang bisa dijajal:

  • Gunakan cabai cayenne

Cabai cayenne atau cayenne pepper mengandung capsaicin yang berguna untuk mengatasi sinusitis, termasuk untuk polip di hidung.

Selain itu, cabai cayenne juga sudah terbukti efektif sebagai salah satu bahan obat semprot hidung karena bisa mengurangi inflamasi, melegakan saluran pernapasan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak hanya digunakan sebagai obat bahan semprot saja, cabai cayenne bisa digunakan sebagai campuran minuman atau ke dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Caranya, campurkan sekitar satu hingga dua sendok cabai cayenne dengan madu dan air hangat.

  • Neti pot

Neti pot adalah cawan yang bisa digunakan untuk mencuci hidung di saluran pernapasan, sehingga bisa meringankan gejala polip hidung, termasuk yang disebabkan oleh alergi atau infeksi sinus.

Cara menggunakan neti pot juga tidak sulit karena hanya perlu diisi dengan larutan garam steril kemudian dialirkan melalui saluran pernapasan dan sinus.

Baca juga: Gejala Polip Hidung dan Cara Mengatasinya

  • Gunakan minyak tea tree

Minyak tea tree atau tea tree oil adalah salah satu jenis minyak esensial yang berguna untuk mengurangi rasa gatal, inflamasi, dan infeksi karena kandungan antimikroba yang dimilikinya.

Minyak tea tree juga bisa digunakan untuk mengatasi polip hidung dengan meneteskannya di diffuser atau langsung mengoleskannya di saluran pernapasan dengan menggunakan cotton bud.

  • Pakai minyak chamomile

Minyak chamomile juga bisa meringankan penyakit polip hidung karena kandungannya yang sudah terbukti bisa meringankan alergi dan inflamasi.

Cara mengatasi polip hidung secara alami dengan minyak chamomile mirip dengan minyak tea tree. Yaitu, dengan menggunakan diffuser atau langsung diaplikasikan dengan cotton bud.

  • Gunakan kunyit

Kunyit memiliki kandungan antiinflamasi yang akan mengurangi inflamasi serta iritasi di saluran pernapasan.

Namun sayangnya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kunyit bisa mengobati polip hidung secara tuntas. Meskipun begitu, cara ini tetap bisa dicoba karena relatif minim efek samping.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com