Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Durian Bisa Menyebabkan Darah Tinggi? Cek Kandungan Gizinya…

Kompas.com - 22/01/2023, 13:43 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Bagi orang yang punya masalah hipertensi, salah satu kekhawatiran saat musim durian tiba adalah, apakah makan durian bisa menyebabkan darah tinggi?

Seperti diketahui, durian adalah salah satu buah yang digemari sebagian orang. Buah musiman ini memiliki rasa manis, sedikit pahit, teksturnya creamy, dan aromanya sangat khas.

Nah, untuk mengenal lebih dekat efek samping makan durian pada kesehatan tekanan darah, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Apakah Durian Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Cek Nutrisinya...

Apakah durian bisa menyebabkan darah tinggi?

Makan buah durian tidak bisa menyebabkan darah tinggi atau hipertensi, asalkan porsinya tidak berlebihan.

Dilansir dari National Nutrition Council Philippines, mitos durian bisa menyebabkan darah tinggi berasal dari anggapan durian tergolong buah yang “panas”, sehingga bisa meningkatkan suhu tubuh dan tekanan darah.

Namun, mitos tersebut telah dipatahkan lewat penelitian dan penjelasan dari ahli gizi.

Menurut studi Effects of Durian Intake on Blood Pressure and Heart Rate in Healthy Individuals oleh tim peneliti dari Universiti Kebangsaan Malaysia, orang sehat yang makan durian kurang dari 250 gram, tekanan darahnya tetap sama.

Namun, apabila orang makan durian sampai lebih dari 500 gram, tekanan darahnya akan sedikit naik selang setengah sampai dua jam setelah makan buah ini.

Menurut ahli, lonjakan tekanan darah setelah makan durian tidak terlalu signifikan lantaran kandungan durian yang memiliki kalium atau potasium tinggi.

Baca juga: 10 Manfaat Durian untuk Kesehatan

Ahli menengarai, kenaikan tekanan darah setelah makan durian dalam porsi yang berlebihan tingginya kandungan gula dalam durian.

Tak hanya makan durian, sebenarnya orang yang makan asupan tinggi gula secara berlebihan seperti minuman manis, donat, soda, atau aneka kue hidangan penutup juga bakal merasakan tekanan darahnya naik.

Senada dengan hasil penelitian pada 2015 di atas, ahli gizi Dr. Teresita Ungson menyebutkan, makan durian tidak bisa menyebabkan darah tinggi melonjak asalkan porsinya tidak berlebihan.

Namun, ia mewanti-wanti buah ini memiliki banyak gula, lemak, dan tinggi kalori. Sehingga, Anda sebaiknya tidak berlebihan makan durian.

Baca juga: 7 Makanan untuk Menurunkan Darah Tinggi pada Penderita Hipertensi

Kandungan gizi durian

Dilansir dari Fatsecret, kandungan gizi durian per 100 gram yakni:

  • Kalori: 147 kkal
  • Lemak: 5,33 gram
  • Kolesterol: 0 miligram
  • Protein: 1,47 gram
  • Karbohidrat: 27,09 gram
  • Serat: 3,8 gram
  • Sodium: 2 miligram
  • Kalium atau potasium: 436 mikrogram

Meskipun Anda tidak perlu khawatir lagi apakah durian menyebabkan darah tinggi, tapi ingat, hindari makan buah ini secara berlebihan karena bisa membuat gula darah melonjak dan menaikkan tensi.

Jika Anda sedang diet mengurangi kalori atau penderita diabetes, cukup makan satu atau dua butir buah durian. Dengan begitu, Anda tetap bisa memetik manfaat kandungan durian yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Memiliki Tekanan Darah Tinggi?


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com