Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan untuk Menurunkan Darah Tinggi pada Penderita Hipertensi

Kompas.com - 30/11/2022, 16:30 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Penderita hipertensi atau penyakit darah tinggi perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Pasalnya, cara menurunkan tekanan darah tinggi agar tetap stabil tak cukup dengan mengonsumsi obat.

Gaya hidup sehat dari pola makan, pola tidur, manajemen stres, sampai olahraga juga penting untuk mengendalikan penyakit kronis ini.

Baca juga: 7 Gejala Hipertensi yang Pantang Disepelekan

Dilansir dari MayoClinic, jenis diet yang paling sesuai untuk penderita hipertensi adalah dietary approaches to stop hypertension (DASH).

Penelitian menunjukkan, penderita hipertensi yang konsisten mengonsumsi makanan dengan DASH terbukti efektif menurunkan tensi tinggi dalam waktu dua minggu.

Simak beberapa makanan untuk menurunkan darah tinggi pada penderita hipertensi berikut.

Makanan untuk menurunkan darah tinggi pada penderita hipertensi

Jenis makanan yang dapat membantu menurunkan darah tinggi di antaranya asupan tinggi vitamin C, vitamin E, kalium, selenium, L-arginin, sampai kalsium. Berikut beberapa di antaranya:

  • Jambu, brokoli, paprika, stroberi, jeruk

Dilansir dari ClevelandClinic, makanan tinggi vitamin C seperti jambu, brokoli, stroberi, paprika, jeruk, kiwi, sampai ubi jalar kaya antioksidan. Jenis asupan ini dapat mencegah stres oksidatif penyebab peradangan pada tubuh. Peradangan yang terkontrol bisa menjaga tekanan darah terkendali.

Baca juga: Klasifikasi Hipertensi menurut JNC, AHA, dan WHO

  • Kacang-kacangan, alpukat, salmon, minyak zaitun

Makanan tinggi vitamin E seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, dan salmon juga kaya antioksidan. Seperti asupan tinggi vitamin C, jenis makanan ini juga bisa menjaga tekanan darah tetap terkendali.

  • Pisang, bayam, kentang, tomat, wortel

Penderita hipertensi juga dianjurkan mengonsumsi makanan tinggi kalium seperti pisang, kentang, bayam, tomat, wortel, alpukat, dan kacang-kacangan. Kalium bisa membantu menurunkan tensi tinggi dengan melonggarkan dinding pembuluh darah dan membuang kelebihan natrium.

Baca juga: 10 Obat Hipertensi, Fungsi, Contoh, dan Efek Sampingnya

  • Ikan laut, udang, telur, ayam tanpa kulit

Makanan untuk menurunkan darah tinggi pada penderita hipertensi lainnya yakni asupan tinggi selenium seperti ikan laut, udang, telur, dan ayam tanpa kulit. Jenis makanan ini juga kaya akan antioksidan yang penting untuk mencegah stres oksidatif.

  • Daging tanpa lemak, buncis, tahu tempe, kacang tanah

Makanan tinggi L-arginin seperti daging, ayam tanpa kulit, biji labu, kacang tanah, buncis, sampai tahu tempe dapat membantu memproduksi oksida nitrat. Senyawa ini penting untuk membuat sel otot tetap rileks, sehingga tekanan darah bisa tetap terjaga.

Baca juga: 5 Obat Hipertensi Alami yang Terbukti Ampuh

  • Susu rendah lemak, susu nabati, asupan yang difortikasi kalsium

Makanan tinggi kalsium seperti susu rendah lemak, susu nabati seperti susu oat atau susu almond atau susu kedelai, kacang polong, sayuran hijau, dan makanan yang difortifikasi kalsium bisa membantu mengontrol tekanan darah.

  • Bawang putih

Makanan untuk menurunkan tensi tinggi yang baik dikonsumsi penderita hipertensi lainnya yakni bawang putih. Asupan ini bisa membantu mengurangi peradangan. Kurangi garam dan gunakan bawang putih sebagai bumbu dasar semua makanan yang dikonsumsi penderita hipertensi.

Baca juga: 7 Cara Menurunkan Hipertensi, Tak Hanya dengan Obat


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com