Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Gejala Covid-19 Varian Kraken yang Sudah Terdeteksi di Indonesia

Kompas.com - 26/01/2023, 13:31 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan Covid-19 sub-varian Kraken atau XBB 1.5 sudah terdeteksi di Indonesia, pada Rabu (25/1/2023) malam.

Dilansir dari Kompas.com, temuan sub-varian Covid-19, yang sementara disebut paling menular di dunia ini, berasal dari hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) dari satu orang asal Polandia.

Penderita Covid-19 ini masuk ke Indonesia melalui Jakarta pada Jumat (6/1/2023) dengan hasil tes antigen negatif Covid-19. Ia lantas melanjutkan perjalanan ke Balikpapan dan melakukan tes PCR dengan hasil positif Covid-19.

Baca juga: Menkes: Omicron XBB 1.5 atau Kraken Masuk Indonesia, dari Orang Polandia

Untuk diketahui, Covid-19 varian kraken sudah terdeteksi di Singapura, Prancis, Inggris, Jerman, sampai India. Covid-19 sub varian XBB 1.5 ini juga menjadi penyebab lonjakan Covid-19 di AS dan beberapa negara lain.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit menular ini, kenali gejala Covid-19 varian kraken yang sudah terdeteksi di Indonesia.

Baca juga: 8 Gejala Covid-19 Varian Kraken yang Perlu Diketahui

Gejala Covid-19 varian kraken

Dilansir dari Express, Gejala varian kraken pada dasarnya tidak jauh berbeda dari varian Omicron dan turunannya.

Berikut beberapa 10 gejala Covid-19 varian kraken yang paling sering dikeluhkan:

  • Sakit tenggorokan
  • Pilek
  • Hidung tersumbat
  • Bersin-bersin
  • Batuk kering
  • Sakit kepala
  • Terkadang batuk berdahak
  • Suara serak
  • Sekujur badan sakit dan nyeri otot
  • Hidung tidak peka bau atau tidak bisa mencium bau

Kabar baiknya, tingkat keparahan gejala Covid-19 varian kraken umumnya seperti varian omicron lainnya yang tidak sampai memicu gejala infeksi virus corona SARS-CoV-2 parah seperti delta atau pendahulunya.

Dilansir dari ScienceFocus, risiko infeksi ini tetap bisa menimbulkan gejala berat terutama pada orang yang belum pernah terinfeksi Covid-19, belum diberi vaksin Covid-19, atau memiliki daya tahan tubuh (kalangan lansia, pengidap penyakit kronis, atau komorbid).

Untuk mencegah gejala Covid-19 varian kraken yang cukup berat, ada baiknya Anda melindungi diri dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, segera dapatkan vaksin Covid-19 termasuk vaksin penguat atau booster dan booster kedua.

Baca juga: Mengenal Kraken, Sub-Varian Covid-19 Terbaru yang Paling Menular


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com