Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 30/01/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi telah lama dikaitkan dengan faktor risiko stroke.

Tetapi, penelitian terkini menunjukkan bahwa dua masalah kronis itu dapat meningkatkan stroke pada orang usia paruh baya.

Baca juga: 5 Tanda-tanda Awal Stroke pada Pria, Pantang Disepelekan

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui kaitan antara diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi dengan risiko stroke.

2 Faktor risiko stroke pada usia paruh baya

Penelitian yang diterbitkan pada 18 Januari 2023 dalam jurnal Neurology, memeriksa data 28.235 partisipan berusia paruh baya tanpa riwayat stroke.

Pada awal penelitian, para peneliti bertanya kepada peserta tentang berbagai faktor risiko stroke potensial. Kemudian, peneliti menindaklanjutinya setiap enam bulan selama sekitar 11 tahun untuk mengidentifikasi orang yang mengalami stroke.

Faktor risiko yang dianalisis dalam penelitian ini termasuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, kebiasaan merokok, detak jantung abnormal atau fibrilasi atrium, dan hipetrofi ventrikel (penebalan pada ventrikel kiri jantung atau ruang yang memompa oksigen).

Dari hasil pengamatan, partisipan termuda dengan usia 45-64 tahun yang menderita diabetes memiliki risiko 2 kali lebih besar alami serangan stroke, dibanding orang yang tidak menderita diabetes.

Demikian pula, orang dewasa berusia 45 hingga 64 tahun dengan tekanan darah tinggi 80 persen lebih mungkin terkena stroke, dibanding mereka yang tidak memiliki riwayat hipertensi.

Karena itu, para peneliti menyarankan agar orang yang menderita diabetes dan tekanan darah tinggi untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak memicu stroke.

Baca juga: 4 Faktor Risiko Stroke Pendarahan Otak yang Pantang Disepelekan

Tekanan darah tinggi dan diabetes adalah dua faktor risiko stroke yang dapat dikelola dengan obat-obatan," kata penulis studi, George Howard, DrPH, profesor di University of Alabama.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+