Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Tidur Tanpa Baju dan Kerugiannya untuk Kesehatan

Kompas.com - 16/10/2023, 20:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa orang terkadang terbiasa tidur tanpa baju agar istirahatnya lebih nyenyak, terutama saat cuaca panas atau kegerahan. 

Tenyata, kebiasaan tidur telanjang ini punya beberapa manfaat dan mudarat bagi kesehatan  sebagian orang.

Untuk lebih jelasnya, simak manfaat tidur tanpa baju untuk kesehatan berikut kerugiannya lewat artikel berikut ini.

Baca juga: 3 Manfaat Tidur Cukup di Malam Hari

Manfaat tidur tanpa baju untuk kesehatan

Dilansir dari Healthline  Prevention, berikut ini manfaat tidur tanpa pakaian untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan, meliputi:

  • Tidur bisa lebih cepat

Suhu tubuh adalah salah satu hal yang mengendalikan tidur. Suhu tubuh termasuk dalam bagian dari ritme sirkadian atau jam biologis tubuh.

Sebelum tidur, suhu tubuh secara alami akan turun. Dengan tidur tanpa baju, suhu tubuh bakal menurun dan merasakan sensasi dingin, sehingga tubuh seolah diberi kode agar cepat tidur.

  • Kualitas tidur meningkat

Manfaat tidur tanpa baju juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan, karena tubuh dapat menyesuaikan secara langsung dengan suhu di kamar tidur.

Perlu diketahui, suhu ideal untuk kamar tidur bisa bervariasi pada beberapa orang. Ada yang cenderung suka ruangan dingin atau suhu ruang seperti 25 derajat Celsius.

Sebuah studi pada tahun 2012 dari National Institutes of Health menemukan bahwa suhu ruangan tempat tidur merupakan faktor penentu kualitas tidur yang baik.

  • Menjaga kesehatan kulit

Tidur telanjang juga dapat membuat Kamu merasakan kualitas tidur yang lebih baik dan berkualitas.

Hal tersebut secara tak langsung membantu meningkatkan kesehatan kulit. Untuk diketahui, tidur berkualitas penting agar penyerapan nutrisi jadi lebih optimal.

  • Mengurangi stres dan cemas

Manfaat tidur tidak menggunakan baju selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan mental, dengan menurunkan tingkat stres dan kecemasan secara keseluruhan.

Tidur telanjang akan membuat Anda lebih rileks dan nyaman saat tidur, sehingga mencegah adanya risiko kurang tidur yang jadi salah satu penyebab stres, depresi, dan masalah kesehatan mental lainnya.

  • Mencegah kenaikan berat badan

Menjaga tubuh Anda tetap dingin di malam hari seperti dengan tidur tanpa baju dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar kalori.

Sebuah penelitian kecil yang diikuti oleh lima orang pria menemukan, suhu dingin kamar tidur (sekitar 19 derajat Celsius), dapat membantu tubuh membakar lebih banyak lemak saat tidur.

Baca juga: 4 Manfaat Tidur Tanpa Bra yang Sayang Dilewatkan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com