Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kursi Pijat Dilengkapi AI Bikin Rileks Maksimal

Kompas.com - 18/03/2024, 11:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Kecerdasan artifisial (AI) kini makin diandalkan dalam segala bidang. Tak terkecuali dalam pekerjaan yang butuh keterampilan tangan manusia, seperti terapi pijat.

OSIM, merek yang menghadirkan alat wellbeing berteknologi canggih, menghadirkan kursi pijat seri terbarunya, yaitu UDream Pro dan uLove, yang menawarkan relaksasi menyeluruh lewat fitur canggihnya.

Senior Brand Manager OSIM Indonesia, Resti Ruhimat, mengatakan, kursi pijat terbaru ini memiliki fitur "AI Stress Analysis" yang mampu menganalisis tingkat stres untuk kemudian menyajikan sesi pijat yang tepat.

Violist Iskandar Widjaja.KOMPAS.com/Lusia Kus Anna Violist Iskandar Widjaja.
"Fitur lain adalah 4 Hand Massage yang meniru sentuhan dan teknik pijat dari dua terapis sekaligus. Wellbeing chair OSIM juga punya opsi agar pengguna mendapat terapi pijat sesuai dengan kebutuhan kesehatan dan kesejahteraan mereka saat ini," katanya dalam acara temu media di Jakarta (14/3/2024).

Baca juga: 6 Pilihan Aroma Wangi yang Bisa Membuat Kita Lebih Rileks

Fitur AI itu pula yang membuat musisi Iskandar Widjaja tertarik menggunakan kursi pijat.

Sebagai pemain biola, Iskandar mengaku selama ini takut melakukan terapi pijat tradisional karena tak ingin bagian jari-jarinya cidera.

"Sebagai violist, jari-jari adalah aset saya, jadi kalau dipijat sembarangan takut ada masalah. Sementara kalau pakai kursi pijat dengan AI lebih percaya karena sudah didesain dengan titik-titik yang tepat," ujarnya.

Pemain biola kaliber dunia ini harus berlatih berjam-jam, terutama ketika akan menggelar konser. Diakuinya, posisi tubuh ketika bermain biola sering tidak seimbang sehingga membuatnya rentan pegal.

Pria yang sering tampil di pertunjukan musik di Eropa ini juga menghabiskan banyak waktunya untuk bepergian, terutama dari negara tempat tinggalnya Jerman dan juga ke Jakarta.

Baca juga: Menerjemahkan Bunyi Aroma di Pameran Alchemist Spectrum

"Saya sering merasa jetlag dan stres karena sering banget naik pesawat. Karena itu saya juga butuh keseimbangan untuk bisa rileks, termasuk dengan pijat pakai kursi pijat agar lebih cepat pulih dari stres," katanya.

Untuk memperbaiki postur tubuhnya, Iskandar mengatakan ia terkadang melakukan terapi kiropraktik.

Sementara itu, ia juga rutin melakukan latihan nafas dan meditasi setiap bagi untuk mengurangi stres.

"Untuk kebugaran tubuh biasanya saya berolahraga di gym atau olahraga kardio. Sebagai musisi tetap harus ada keseimbangan," katanya.

Resti menjelaskan, kursi pijat OSIM menawarkan teknologi pijat yang dirancang khusus oleh kiropraktor asal Jepang, Dr.Sato Tsuyoshi sehingga mampu memberikan tekanan pada titik yang tepat. Selain itu, bentuk pijatan dari kursi ini juga menghindari kesan mekanis dan kaku.

"Teknologi pijat ini meliputi teknik V-Hand Pro yang menggabungkan gerakan menguleni dan menggenggam dengan kekuatan dan keahlian secara efektif," katanya.

Baca juga: Selain Pijat, Ini 4 Cara Mengatasi Sakit Punggung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com