Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Kecerdasan Buatan di Dunia Kecantikan

Kompas.com - 21/03/2024, 07:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Industri kecantikan, dengan kemewahan dan trennya yang terus berkembang, selalu menjadi yang terdepan dalam inovasi. Industri ini kini sedang mengalami metaformosis yang didorong oleh kecerdasan buatan (AI).

Produk kecantikan dan kosmetik telah menerapkan AI untuk membantu pelanggan menemukan produk perawatan kulit yang tepat secara virtual.

Tak mau ketinggalan, klinik kecantikan juga menghadirkan inovasi AI untuk mengidentifikasi masalah kulit secara lebih akurat. Tentu saja peran dokter ahli masih sangat diperlukan di sini agar hasilnya benar-benar efektif.

ERHA Ultimate, klinik kecantikan yang sudah 24 tahun berdiri, memperkenalkan konsep Intelligent DermaBeauty pertamanya di cabang terbarunya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Baca juga: Cukup Minum Air Bukan Jaminan Kulit Glowing

ERHA Ultimate memperkenalkan konsep Intelligent DermaBeauty untuk setiap pelanggannya.Dok ERHA ERHA Ultimate memperkenalkan konsep Intelligent DermaBeauty untuk setiap pelanggannya.

“Menilik tren kecantikan 2024 ini, ERHA Ultimate menjadi klinik pertama yang mengawali penerapan Smart Digital Clinic di Indonesia, yang meliputi penggunaan teknologi berbasis AI dengan teknologi Skin Age Detector," kata Managing Director ERHA Clinic Group, Norita Sembada, dalam peresmian ERHA Ultimate Tebet (18/3/2024).

Ia menjelaskan, Skin Age Detector digunakan untuk mengetahui usia kulit dan menganalisa tanda-tanda permasalahan kulit dengan cara yang praktis.

"Seperti permasalahan kemerahan pada kulit, hiperpigmentasi, garis-garis halus atau kadar minyak berlebih. Sehingga kita dapat mengetahui berapa usia kulit sesungguhnya," ujarnya.

Baca juga: 8 Penyebab Kulit Wajah Kering dan Mengelupas, serta Cara Mengatasinya

Setiap pengunjung yang datang ke Erha Ultimate bisa mencoba teknologi Skin Age Detector ini secara gratis dan mengetahui rekomendasi solusi program yang sesuai dengan kondisi kulitnya secara detil dan personalized serta berkonsultasi dengan expert dermatologist.

Norita mengatakan, penerapan AI di klinik kecantikan seiring dengan tren konsumen yang saat ini berasal dari generasi yang lebih melek teknologi.

"Teknologi berbasis AI ini didorong oleh semakin tingginya kebutuhan pasar akan inovasi berbasis teknologi, yang juga diminati oleh para influencer dari Gen-Alpha yang jumlahnya tengah mendominasi sebagai content creator di media sosial," katanya.

Selain perawatan kulit wajah, ERHA juga saat ini berkembang sebagai tempat konsultasi dan perawatan untuk masalah kulit badan dan rambut.

"ERHA mampu menyediakan layanan yang mencakup segala aspek perawatan kulit dan rambut secara terpadu," katanya.

Baca juga: Erha Ultimate Hadirkan Solusi Anti-Aging Terbaru untuk Kulit Awet Muda dan Bernilai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com