Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2024, 18:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kebiasaan minum kopi saat puasa dapat memengaruhi kondisi tubuh. Lalu, kapan waktu minum kopi saat puasa?

Ternyata, Anda bisa minum kopi sekitar satu hingga dua jam setelah berbuka puasa sehingga tidak akan mengganggu kualitas tidur dan kelancaran berpuasa keesokan harinya.

Kebiasaan minum kopi saat sahur juga perlu dihindari karena akan meningkatkan risiko dehidrasi selama berpuasa.

Untuk lebih jelasnya, ketahui waktu terbaik untuk minum kopi saat puasa dan frekuensi yang disarankan berikut ini.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Kopi Ketika Sahur? Berikut Penjelasannya…

Kapan waktu minum kopi saat puasa?

Ternyata, waktu minum kopi saat puasa adalah satu hingga dua jam setelah berbuka puasa.

Dikutip dari Antara, Jumat (10/5/2019), dokter gizi dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menjelaskan bahwa minum kopi saat bulan puasa tidak boleh sembarangan karena dapat berdampak buruk pada kondisi tubuh.

Dokter yang merupakan dosen Poltekkes Kemenkes Jakarta 2 ini juga menjelaskan bahwa waktu terbaik untuk minum kopi saat puasa adalah sekitar satu hingga dua jam setelah buka puasa.

Di waktu tersebut, lambung sudah lebih siap sehingga risiko peningkatan asam lambung juga akan berkurang.

Minum kopi di luar waktu yang disarankan saat puasa dapat memengaruhi kondisi tubuh dan mengganggu kelancaran puasa yang dijalani.

Pasalnya, minum kopi mendekati waktu tidur akan menurunkan kualitas tidur di malam hari dan membuat Anda mengalami insomnia.

Sedangkan minum kopi saat sahur akan meningkatkan risiko dehidrasi karena kopi sifatnya diuretik, dan minum kopi saat berbuka puasa dapat membuat lambung terasa tidak nyaman karena memicu peningkatan asam di dalam lambung.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Kopi Hitam Setiap Hari? Berikut Penjelasannya…

Frekuensi minum kopi saat puasa

Minum kopi saat puasa umumnya boleh-boleh saja, namun frekuensinya perlu disesuaikan agar tidak mengganggu ibadah yang dijalankan.

Dilansir dari Antara, Minggu (17/3/2024), ahli gizi RS Cipto Mangunkusumo Kencana Fitri Hudayani SST, M.Gz menjelaskan bahwa frekuensi minum kopi per hari saat bulan puasa perlu dikurangi agar tidak mengganggu puasa.

Fitri menjelaskan bahwa konsumsi kopi per hari saat puasa adalah satu cangkir saja dan sisanya adalah konsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Anda juga diimbau untuk membatasi penggunaan bahan tambahan pada kopi, seperti gula dan susu, karena dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius, seperti diabetes dan obesitas.

Selain membatasi konsumsi kopi, menjaga asupan makanan dan meningkatkan konsumsi buah dan sayur sangat disarankan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan selama puasa.

Setelah memahami kapan waktu minum kopi saat puasa, Anda bisa melakukan perubahan kebiasaan agar ibadah yang dijalani semakin lancar.

Baca juga: Penyakit Apa Saja yang Tidak Boleh Minum Kopi? Berikut 10 Daftarnya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com