Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Gejala Penyakit Mata Glaukoma Sebelum Terlambat

Kompas.com - 22/03/2024, 15:00 WIB
Rini Agustin,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Glaukoma merupakan penyebab kebutaan terbesar kedua di Indonesia setelah katarak. Melakukan pemeriksaan mata secara rutin dapat membuat penyakit ini diketahui sejak dini.

Data WHO pada tahun 2020 menyebutkan, pasien glaukoma di dunia mencapai 79,4 juta penduduk dan di Indonesia mencapai 1,8 juta penduduk.

Pakar kesehatan mata Prof. Dr. dr. Widya Artini Wiyogo, Sp.M(K) mengatakan, penglihatan pasien dengan glaukoma seperti seseorang yang melihat dari celah pintu, di mana pandangan menyempit pada bagian sisi bola mata karena memiliki saraf optik yang rusak.

"Pandangan menyempit, kalau mungkin pernah mengintip dari celah pintu, seperti itu. Karena itu dia disebut pencuri penglihatan," kata dr. Widya pada acara media diskusi bersama RS Spesialis Mata Jakarta Eye Center (JEC) di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Baca juga: Kenapa Glaukoma Menyebabkan Kebutaan? Berikut Penjelasan Dokter...

Gejala glaukoma

Penderita glaukoma cenderung baru menyadari kondisinya ketika sudah mengalami masalah penglihatan.

Gejala awal yang biasanya dirasakan seperti penglihatan buram, melihat pelangi, pusing, mual, muntah, nyeri mata berat, dan tekanan bola mata tinggi mendadak.

“Pasien yang menderita glaukoma akut memiliki waktu 2 x 24 jam untuk segera menurunkan tekanan bola mata, jika terlambat, kelainannya akan menjadi permanen," tuturnya.

Glaukoma merupakan penyakit mata yang tidak boleh diremehkan karena dapat menjadi progresif atau terus memburuk jika tidak ditangani dengan tepat.

Dijelaskan oleh dr.Widya, glaukoma berbeda dengan katarak yang bisa dipulihkan fungsi penglihatannya setelah operasi.

“Berbeda dengan katarak, yang jika dioperasi bisa sehat atau penglihatan kembali seperti baru. Kebutaan akibat glaukoma tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dicegah dengan mengontrol faktor risikonya," ujarnya.

Baca juga: Tanda-tanda Peringatan Katarak yang Harus Diketahui

Penyebab glaukoma

Secara spesifik penyebab glaukoma adalah meningkatnya tekanan intraokular yang ada di dalam mata karena produksi aqueous humour berlebih.

Aqueous humour adalah cairan alami pada mata yang memiliki fungsi untuk membersihkan kotoran, menjaga bentuk, serta menyuplai nutrisi pada mata.

Ketika penumpukan cairan tersebut terjadi, tekanan pada bola mata akan meningkat dan bisa menyebabkan kerusakan saraf mata yang mendasari terjadinya glaukoma.

“Tekanan bola mata yang tinggi itulah secara perlahan dan seringkali tanpa disadari mengganggu penglihatan, menurunkan ketajaman melihat, hingga kondisi terburuknya bisa menyebabkan kebutaan,” ucapnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com