Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Kulit yang Lebih Sensitif Selama Kehamilan

Kompas.com - 02/08/2024, 09:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Bagi sebagian perempuan, kehamilan membuat kulit terlihat segar dan lembab, rambut lebih tebal, dan kecantikan makin terpancar. Tetapi, tak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan kulitnya jadi kusam, berjerawat, dan sensitif.

Perubahan kulit tersebut biasanya hanya sementara dan akan kembali menjadi normal pascapersalinan.

"Perubahan kulit saat kehamilan berbeda dari permasalahan lainnya karena disebabkan perubahan hormon dalam kehamilan; di mana hormon tersebut akan dipertahankan selama kehamilan," kata dr.Beelenoie BMedSc, Sp.OG-KFER.

Jika sebelum kehamilan kita bisa melakukan berbagai perawatan kulit, kondisinya tentu berbeda saat hamil. Pemilihan produk perawatan harus lebih selektif dengan memperhatikan kandungan yang aman untuk janin.

Baca juga: 10 Ciri-ciri Hamil Muda yang Sering Tidak Disadari

Produk perawatan kulit khusus ibu hamil dan menyusui, Dr.BeeMed.Dok Dr.BeeMed Produk perawatan kulit khusus ibu hamil dan menyusui, Dr.BeeMed.
"Pemilihan produk skin care untuk ibu hamil dan menyusui harus khusus karena harus dipastikan tidak mengandung zat-zat yang dapat membahayakan pertumbuhan janin dan bayi," papar dr.Beelenoie.

Meski demikian, memakai produk perawatan kulit untuk bayi juga bukan solusi yang tepat karena tidak bisa memperbaiki permasalahan kulit.

"Kulit wanita dewasa berbeda strukturnya dari kulit bayi, apalagi perubahan kulit yang terjadi selama kehamilan adalah diakibatkan karena gangguan hormonal," katanya.

Pemilihan skincare yang salah bukan saja tidak memberikan perubahan, seringkali bahkan memperburuk keadaan.

Untuk masalah perawatan kulit ibu hamil dan menyusui, dr.Beelonie memformulasikan produk perawatan kulit yaitu Dr.Beemed.

Pada awal peluncurannya, Dr.Beemed memperkenalkan tiga produk perawatan wajah dan tubuh, yaitu sabun pembersih wajah, pelembab, dan body lotion.

Baca juga: 7 Penyebab Jerawat Hormonal dan Cara Mengatasinya

Ketiga produk ini sudah teruji melalui dermatology tested, tidak menggunakan tambahan pewangi, bersifat hipoalergenik, dan sudah lolos BPOM.

Produk sabun pembersih wajah Dr.Beemed bebas SLS dan paraben, serta tingkat keasaman yang rendah. Sedangkan produk pelembabnya bukan cuma melembabkan tapi juga menyamarkan noda gelap di wajah.

“Kami sangat antusias sekali untuk memperkenalkan rangkaian perawatan wajah dan tubuh Dr.BeeMed® yang memang secara khusus diformulasikan untuk kulit para ibu yang sedang
hamil dan menyusui," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau