Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras Shirataki Rendah Kalori Bisa Jadi Pengganti Nasi Saat Diet

Kompas.com - 18/08/2024, 19:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Meski sedang berdiet, mengonsumsi karbohidrat sebenarnya bukan pantangan asalkan jumlah dan jenisnya disesuaikan.

Salah satu karbohidrat pengganti nasi dari beras padi yang banyak direkomendasikan saat sedang diet adalah beras shirataki.

Terbuat dari kentang konjac atau konnyaku, shirataki lebih rendah kalori dan karbohidrat. Rata-rata 100 gram beras shirataki hanya mengandung sekitar 10-15 kalori, sedangkan beras putih sekitar 130-150 kalori, dan beras cokelat 110-120 kalori per 100 gram.

"Nasi yang terbuat dari beras shirataki memang bisa menjadi pilihan nasi yang lebih sehat. Kandungan seratnya yang lebih tinggi dapat membantu kenyang lebih lama," kata ahli gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes.

Selain itu, beras shirataki juga mengadung serat glukomanan, yaitu serat yang dapat menyerap air dan mengembang di perut, sehingga membantu mengurangi keinginan makan berlebihan.

Baca juga: 4 Beda Nasi Putih dan Nasi Shirataki, dari Tekstur hingga Kalori

Kampanye Fit, Slim and Healthy bersama chef Juna Rorimpandey dan Flimrice agar semakin banyak masyarakat mengetahui alternatif nasi rendah kalori.Dok Flimrice Kampanye Fit, Slim and Healthy bersama chef Juna Rorimpandey dan Flimrice agar semakin banyak masyarakat mengetahui alternatif nasi rendah kalori.

Glukomanan juga diketahui dapat memperlambat penyerapan gula dalam darah yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah dan mencegah lonjakan insulin.

Kampanye Fit, Slim and Healthy

Produsen beras shirataki Flimrice meluncurkan program kampanye Fit, Slim and Healthy bersama chef Juna Rorimpandey agar semakin banyak masyarakat mengetahui alternatif nasi rendah kalori.

"Alternatif nasi yang lebih sehat bukan cuma bagus, tapi juga menambah jenis bahan pangan yang bisa diolah. Tekstur Flimrice juga seperti nasi putih yang pulen," katanya.

Baca juga: Apa Diabetes Tidak Boleh Makan Nasi Putih? Berikut Penjelasannya…

Direktur Flimgroup, Dennis Hadi, mengatakan pihaknya mempunyai visi untuk membantu perjalanan diet sehat masyarakat Indonesiadengan memberikan solusi yang lebih efektif, yakni melalui nasi yang lebih sehat dan rendah kalori.

"Kami ingin produk baru Flimty membuat orang benar-benar enjoy menikmati makan nasi saat diet. Tak hanya jadi pilihan yang lebih sehat, namun dari segi tekstur, rasa, dan aroma Flimrice harus dibuat sama persis seperti nasi putih pada umumnya," katanya.

Ia menambahkan, Flimrice cocok dikonsumsi siapapun yang sedang menjalani hidup sehat atau menjaga berat badan. Karena proses memasaknya juga mudah, yaitu cukup dituang air panas, beras ini juga cocok untuk yang sedang travelling namun ingin makan nasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau