Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Sering Digunakan untuk Diet, Ini Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Cuka Apel dan Madu

Kompas.com - 05/09/2024, 13:37 WIB
Sri Noviyanti

Editor


KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir, cuka apel dan madu telah menjadi pilihan populer di kalangan orang yang ingin menurunkan berat badan secara alami.

Kombinasi dua bahan tersebut dianggap efektif untuk membantu diet karena kemampuannya mendukung metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan menyediakan energi alami.
Akan tetapi, tahukah Anda bahwa manfaat kesehatan cuka apel dan madu jauh lebih luas daripada sekadar membantu diet?

Cuka apel dibuat dari hasil fermentasi sari apel menggunakan ragi dan bakteri baik yang lalu menghasilkan asam asetat dan senyawa bioaktif lainnya.

Proses tersebut membentuk probiotik dan enzim yang baik untuk kesehatan karena kandungan gulanya jauh lebih sedikit dan kalorinya lebih rendah daripada sari apel atau jus apel.

Baca juga: 2 Manfaat Cuka Apel untuk Diet, Sudah Tahu?

Mengonsumsinya secara rutin dipercaya membantu membersihkan racun dalam tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan kesehatan pencernaan. Asam asetat yang terkandung di dalamnya juga memiliki peran penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat pembakaran lemak.

Tak hanya itu, penelitian Clinical Nutrition ESPEN (2019) menyatakan konsumsi cuka apel dapat menurunkan indeks glikemik dan stres oksidatif pada individu dengan diabetes dan dislipidemia. Artinya bahan alami ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Hal tersebut juga penting bagi mereka yang ingin menjaga berat badan karena kadar gula darah yang stabil membantu mengurangi keinginan ngemil atau makan berlebihan.

Baca juga: 6 Manfaat Madu Mentah bagi Kesehatan

Beralih pada madu. Bahan ini merupakan salah satu pemanis alami yang tidak hanya menambah rasa pada makanan dan minuman, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan.

Meskipun mengandung gula alami, madu memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula biasa, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara signifikan.
Selain itu, madu kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Dikaitkan dengan diet

Ketika dikonsumsi bersama cuka apel, madu berfungsi untuk menyeimbangkan rasa asam yang kuat dari cuka sekaligus memberikan dorongan energi. Madu juga memberikan efek menenangkan pada sistem pencernaan, yang membantu mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan usus.

Kombinasi keduanya kerap digunakan oleh orang yang sedang menjalani program diet. Sebab, dinilai dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh dan memperbaiki pencernaan, faktor penting dalam keberhasilan penurunan berat badan.

Baca juga: 4 Alasan Mengonsumsi Cuka Apel, Bisa Menurunkan Berat Badan!

Menyadari manfaat besar dari cuka apel dan madu, Best Honey Indonesia menghadirkan Paket Four in One yang mengombinasikan cuka apel, madu, chia seed, dan garam Himalaya.

Produk tersebut tidak hanya mendukung penurunan berat badan, tetapi juga detoksifikasi tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolit berkat kandungan garam Himalaya yang kaya mineral.

Chia seed dalam paket tersebut juga memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu Anda mengontrol porsi makan sepanjang hari.

Tak hanya itu Best Honey Indonesia juga mengembangkan gerakan yang mengusung perubahan dalam dunia diet dan kesehatan, yaitu Komunitas Diet Fighter.

Komunitas Diet Fighter telah berhasil menarik perhatian lebih dari 222 anggota yang bergabung dari seluruh Indonesia sejak Juni 2024.

"Kami percaya bahwa kesehatan adalah hak semua orang. Melalui komunitas ini, kami ingin mendampingi masyarakat dalam perjalanan diet mereka dengan memberikan pendampingan ahli gizi, meal plan gratis, dan monitoring diet goals setiap anggota," ujar Owner Best Honey Indonesia Andoni Pridathama dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (5/9/2024).

Dengan kombinasi produk berkualitas dan dukungan komunitas, program penurunan berat badan bersama Best Honey Indonesia menawarkan pendekatan holistik yang tidak hanya efektif, tetapi juga berkelanjutan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau