Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendra Yauw, Temukan Jamu bagi Penderita HIV/AIDS

Kompas.com - 12/02/2008, 14:49 WIB

Laporan Wartawan Kompas : Sri Rejeki

SOLO, KOMPAS - Hendra Yauw yang sehari-hari berprofesi sebagai sinshe menemukan jamu yang ia klaim dapat meningkatkan kekebalan tubuh pengidap HIV/AIDS.
 
Jamu ini telah dicobakan pada empat penderita HIV/AIDS sejak tiga bulan lalu dengan hasil satu bulan kemudian kadar CD4 meningkat. Sel CD4 adalah semacam sel darah putih yang merupakan bagian penting dari kekebalan tubuh manusia. Saat HIV menular ke manusia, sel yang terinfeksi paling sering adalah CD4. Semakin lama terinfeksi HIV semakin menurun CD4.

"Penderita HIV/AIDS yang mengonsumsi jamu yang dinamakan Ching Lung Sehat Badan  ini setelah sebulan naik CD4-nya. Mereka juga mengaku naik berat badannya, dapat tidur nyenyak, dan kembali bersemangat karena merasa ada harapan. Kini CD4 mereka hampir mendekati normal," jelas Hendra, Selasa (12/2).

Hendra sendiri merasa optimistis, jamu yang diformulasikannya mampu membantu penderita HIV/AIDS melawan penyakitnya. "Akhir bulan ini kami akan tes laboratorium terhadap penderita yang minum jamu saya, bagaimana perkembangan virusnya," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com