Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondom Pria Rusia Paling Besar

Kompas.com - 27/04/2011, 15:24 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com -Dibandingkan beberapa tahun lalu, ukuran kondom pria ternyata terus bertambah. Semakin lama, ukuran karet pengaman ini makin besar. Apakah fenomena ini mencerminkan bahwa ukuran alat vital manusia juga terus bertambah?

Seperti diungkapkan Tossaporn Nilkhamhang, manager quality assurance PT Thai Nippon Rubber, dibandingkan dengan masa 10 tahun lalu, saat ini memang ukuran kondom yang dipakai pria di dunia terus bertambah.  Thai Nippon Rubber sendiri merupakan produsen kondom berbagai merek di dunia, termasuk di antaranya beberapa merek kondom di Indonesia.

"Jika 10 tahun lalu, orang Asia rata-rata memakai kondom ukuran 49 (diameter dalam ukuran milimeter/mm), saat ini mereka memakai ukuran 52. Hal yang sama terjadi pada orang di berbagai benua," katanya ketika ditemui KOMPAS.com di Thailand beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, perbaikan status ekonomi dan gizi memberikan pengaruh pada postur tubuh manusia. "Kualitas kesehatan dan gizi barangkali berpengaruh juga pada pertumbuhan bagian-bagian tubuh, termasuk alat vitalnya," ungkapnya.

Saat ini, rata-rata orang Asia menggunakan kondom ukuran 52, orang Eropa ukuran 53, dan orang Afrika 53-54. Berbeda dengan mitos yang menyebutkan ukuran alat vital pria Timur Tengah paling juara, ternyata menurut Nilk kondom yang laris di Timur Tengah adalah ukuran 53.

"Justru pria-pria negara pecahan Rusia yang menggunakan kondom ukuran 54-56," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com