Minggu, 20 April 2014 22:15

NEWS & FEATURES / HOT TOPICS - ARTIKEL

Klinik Yasmin Jadi Pusat Pelayanan Bayi Tabung

Penulis : Lusia Kus Anna | Selasa, 20 September 2011 | 13:57 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Kompas.com/Lusia Kus Anna
Laboratorium bayi tabung di Klinik Yasmin Kencana, RSCM Jakarta
TERKAIT:

Jakarta, Kompas.com - Klinik Yasmin Kencana yang berada di bawah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta ditetapkan menjadi pusat acuan mengenai gangguan kesuburan dan pemecahannya. Selain memberikan pelayanan pada pasien, klinik yang berdiri sejak tahun 1986 ini juga menjadi pusat pelatihan dan pengembangan bayi tabung di Indonesia.

Menurut dr.Andon Hestiantoro, Sp.OG (K), kepala klinik Yasmin Kencana, pelayanan kesuburan yang terdapat di klinik ini memiliki keunggulan, salah satunya adalah didukung oleh penelitian. "Kami memiliki riset-riset dalam bidang reproduksi yang spesifik untuk diaplikasikan untuk pasien di tanah air. Riset yang dilakukan di negara maju belum tentu cocok untuk pasien di sini," katanya dalam acara konferensi pres di Jakarta, Selasa (20/9).

Ia menambahkan, klinik Yasmin juga menjadi pusat pelatihan dan pendidikan untuk dokter-dokter spesialis dan perawat dari seluruh Indonesia yang ingin mendalami tentang reproduksi. "Kami juga memiliki fasilitas laboratorium bayi tabung yang terbesar di Asia Tenggara," imbuhnya.

Prof.Soegiharto Soebijanto, ketua perkumpulan fertilitasasi in vitro Indonesia, menjelaskan, saat ini jumlah pasangan yang memilih program bayi tabung masih rendah, baru sebesar 10-15 persen. "Cakupannya memang masih rendah karena harga program ini relatif mahal untuk sebagian besar penduduk," katanya dalam kesempatan yang sama.

Sebagai gambaran, biaya untuk program bayi tabung berkisar antara Rp 45 juta - 70 juta rupiah dengan tingkat keberhasilan 20-30 persen. "Jangan dilihat dari keberhasilan 100 persen, tapi bandingkan jika seseorang tidak melakukan apa pun, tentu tidak terjadi kehamilan," ucapnya.

Mengenai biaya, Soegiharto menjelaskan tahun ini akan dilakukan pengurangan biaya untuk program bayi tabung agar semakin banyak masyarakat yang mengalami masalah kesuburan terbantu.

Selain faktor biaya, saat ini masih sedikit pakar kesehatan di bidang bayi tabung. Ditambah lagi pendistribusiannya juga tidak merata. "Indonesia memiliki 16 pusat layanan bayi tabung dan hampir separonya ada di Jakarta," katanya.

Layanan pasien

Bidang pelayanan yang tersedia di klinik Yasmin meliputi masalah endometriosis, sindrom ovarium polikistik, bayi tabung dan gangguan kesuburan, ginekologi remaja, keguguran berulang, menopause, dan gangguan haid.

Berbagai penelitian yang telah dilakukan selama ini antara lain pembekuan jaringan ovarium, embrio metabolomik, sel punca amnion, pemeriksaan kondisi sel telur, dan masih banyak lagi. Salah satu hasil riset yang menjadi andalan adalah teknik simpan beku (cryopreservation) yang dapat dilakukan pada sel telur, sperma, atau hasil pembuahan tertentu.

"Teknik ini sangat membantu pasien kanker wanita yang menjalani kemoterapi. Untuk mencegah kerusakan pabrik sel telur akibat obat kemoterapi, sel telurnya bisa disimpan beku dulu sampai pengobatan selesai kemudian ditransplantasi kembali," kata dr.Budi Wiweko, Sp.OG (K), dari divisi imunoendokrinologoi reproduksi RSCM.

Teknik simpan beku ini sudah dilakukan pada 10 pasien di Jakarta. Di dunia kedokteran, teknik ini baru dilakukan di Amerika Serikat dan Belgia.

 



IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui