Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersahabat Bikin Lebih Sehat

Kompas.com - 07/01/2012, 08:57 WIB

Kompas.com - Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki kodrat untuk bersosialisasi, baik dalam kelompok kecil mau pun besar. Relasi yang hangat dengan teman, keluarga, kerabat, dan juga teman di dunia maya mungkin, akan membangkitkan rasa senang dan bahagia dalam diri seseorang.

Hal itu merupakan segelintir alasan mengapa Anda perlu memprioritaskan keluarga dan sahabat dalam hidup. Temukan alasan lainnya berikut ini.

1. Jarang sakit

Ada penelitian yang menyebutkan orang yang lebih eksis di dunia sosial cenderung lebih jarang terkena flu dibandingkan dengan orang yang terisolasi dari pergaulan.

2. Tidur lebih nyenyak

Orang yang kesepian lebih sulit tidur nyenyak. Begitu kesimpulan para peneliti dari University of Chicago.

3. Memperlambat pikun

Mereka yang dikelilingi oleh teman dan sahabat risikonya lebih rendah untuk menderita penurunan fungsi kognitif alias kepikunan.

4. Panjang umur

Orang yang memiliki ikatan sosial yang kuat dengan lingkungannya berpeluang untuk hidup lebih lama dibandingkan dengan orang yang kurang bergaul. Malah ada penelitian yang mengatakan risiko kematian orang yang kesepian sama seperti para perokok.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com