Kamis, 23 Oktober 2014 08:37
Caring by Sharing | Kompas.com

KONSULTASI / SEKS - ARTIKEL

KONSULTASI SEKS

Bersama Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS 

Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi).

Kriteria Sperma yang Baik

Senin, 30 Januari 2012 | 09:49 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
irishhealth
Sperma

TANYA :

Dok, membaca kolom konsultasi dokter tentang ciri-ciri sperma sehat, saya mau tanya apakah jenis air mani yang encer dan kental dapat mempengaruhi anak yang dilahirkan nanti.  Sebelumnya, saya membaca di kolom dokter kalau sperma yang baik adalah yang kental selama 15 menit. Sedangkan sperma yang encer dapat mempengaruhi kecepatan sperma berenang. Saya dan istri sekarang sedang berusaha mendapatkan anak laki-laki setelah sebelumnya punya anak perempuan. Setahu saya, tipe-tipe sperma anak laki-laki dan perempuan mempunyai karakteristik kecepatan lari yang berbeda. Terima Kasih.

(Alex, 32, Jakarta)


JAWAB :
 
Sekali lagi, istilah sperma "kental" dan "encer" sebenarnya tidak dikenal dalam dunia kedokteran. Tampaknya, istilah itu muncul dari iklan tidak profesional di media massa. Sperma normal yang baru diejakulasikan mempunyai kekentalan, yang kemudian mencair. Jadi jangan dianggap ada istilah sperma "kental" dan "encer".

Untuk mengetahui apakah sperma normal atau tidak, subur atau tidak, harus dilakukan pemeriksaan laboratorium. Tanpa pemeriksaan laboratorium, tidak dapat ditentukan keadaan kesuburan pria. Tetapi pemeriksaan laboratorium tidak cukup hanya sekali.

Mengenai perencanaan jenis kelamin bayi, itu lain lagi. Perencanaan jenis kelamin sangat tergantung pada perbandingan antara sel spermatozoa yang mengandung kromosom laki-laki dan perempuan. Kedua jenis sel spermatozoa ini berbeda secara biologik, karena itu dapat dipisahkan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk perencanaan jenis kelamin bayi, walaupun hasilnya tidak dapat dipastikan.

Cara sederhana adalah dengan mengatur kapan waktu melakukan hubungan seksual, mengatur siapa yang lebih dulu orgasme, sampai ke penggunaan bahan kimia tertentu. Lebih jauh, ada cara yang lebih canggih, yaitu memisahkan jenis sel spermatozoa dengan bahan tertentu kemudian diinseminasikan ke dalam rahim.

 


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui