Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2013, 14:39 WIB
Tanya:
Dok, anak saya usia satu tahun, perempuan. Ia gemuk dan sehat. Tetapi ia sulit sekali tidur. Sudah begitu, ia juga mudah terbangun. Dibandingkan dengan anak lain, anak saya ini tidurnya termasuk sedikit. Sehari mungkin hanya 10 jam, tidur malam dan siang. Apakah hal itu normal dok? Sejauh ini anak saya tampak baik-baik saja, karena sejak lahir ia memang sudah susah tidur. Mohon penjelasannya dok.
 
Alifia (27), Cibinong

Jawab:
Tidur adalah kebutuhan seorang bayi dan anak untuk mengistirahatkan sebagian sel dan jaringan tubuh dan mengaktifkan sebagian yang lainnya untuk membentuk, memperbanyak dan memperbaiki sel/jaringan yang rusak.

Kebutuhan rata-rata tidur pada anak usia satu tahun adalah sekitar 10-12 jam per harinya. Beberapa indikator yang menunjukkan bahwa durasi tidur cukup yang dapat dilihat pada seorang bayi/anak adalah setelah bangun tidur ia tidak rewel, aktivitas seperti biasa, menunjukkan mood yang baik dan sebagainya.

Sedangkan masalah saat waktu tidur siang dan malam adalah masalah kebiasaan yang dapat dilatih pada seorang bayi/anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com