Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2013, 07:59 WIB

TANYA :

Selamat pagi dok.. mau bertanya jika akhir-akhir ini saya merasa rahang saya berbunyi saat membuka dan menutup mulut. Kenapa ya? Saya takut ada pergeseran rahang mulut saya dok. Sebagai informasi saya sampaikan juga riwayat kesehatan gigi saya. Gigi saya sudah dicabut 2, dan sekarang berlubang 1 dan semuanya adalah gigi geraham, jadi saya mengalami kesusahan saat mengunyah. Terima Kasih

(Senja, 22, 160 cm, 55 kg, Semarang)


JAWAB:

Hai Senja di Semarang, Sayang informasi yang anda berikan kurang mendetail. Kedua gigi geraham yang telah dicabut ada di sisi mana saja? Namun dari keluhan yang anda sampaikan, yaitu rahang anda berbunyi saat membuka dan menutup mulut, serta mengalami kesulitan saat mengunyah makanan.

Maka saya asumsikan anda memiliki kebiasaan mengunyah makanan di satu sisi saja, baik sisi kiri atau kanan saja akibat dari gigi geraham yang telah dicabut dan belum ada penggantinya. Kebiasaan mengunyah hanya pada satu sisi rahang ini dapat menyebabkan gangguan sendi rahang, dan gejala-gejala yang ditimbulkan salah satunya adalah seperti yang sedang anda derita saat ini.

Gejala lainnnya antara lain kekakuan sendi rahang, sakit kepala, bahkan dapat mempengaruhi telinga. Untuk menghindari gejala lanjutan dari permasalahan gangguan sendi rahang ini, sebaiknya anda segera menghilangkan kebiasaan mengunyah pada satu sisi rahang. Namun sebelumnya anda dapat melakukan pembuatan gigi tiruan pada kedua geraham anda yang hilang.

Pilihan gigi tiruan pun bermacam-macam, mulai dari yang lepasan ataupun cekat. Konsultasikan pembuatan gigi tiruan tersebut pada Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia (Drg.,SpPros).  Dengan adanya gigi pengganti yang hilang tersebut, anda dapat kembali mengunyah makanan menggunakan kedua sisi rahang anda, sehingga penyebaran daya kunyahnya merata. Permasalahan gangguan sendi rahang pun akan teratasi. 

Demikian Senja, semoga informasinya bermanfaat. Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com