Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2014, 11:30 WIB


TANYA :
 

Halo Dok, saat ini saya sepertinya mengalami penyakit yang berhubungan dengan masalah kejiwaan. Memang agak sedikit konyol, dari awal mulanya saya punya ketakutan yang berlebih saat sehabis makan tongseng kambing. Pasalnya, saya merasa sepertinya darah memompa sangat kencang ke otak saya dan saya seketika shock karena takut mati. Saya sudah membayangkan hal yang tidak-tidak. Saya membayangkan, jangan jangan saya akan terkena serangan stroke dan penyakit yang mengerikan lainnya. Tetapi sewaktu saya cek ke dokter, tekanan darah saya normal. Yang menjadi masalah, saya mengalami ketakut berlebihan. Sampai-sampai, saya tidak mau mengkonsumsi makanan yang mengandung kolestrol dan lemak yang tinggi khususnya daging.

Sejak saat itu, saya mempunyai ketakutan dan kecemasan yang berlebih. Rasa takut mati, takut terkena serangan penyakit yang mematikan. Itu selalu menguasai otak saya sampai berlarut larut. Beberapa waktu, saya merasakan gejala yang sangat tidak enak yang membuat kecemasan saya semakin besar , yaitu sesak nafas dada seperti tertekan, jantung berdebar kencang, jantung sepertinya lemah, jalan sedikit saja ngos-ngosan, nafas pendek, tubuh lemas, keringat dingin, nyeri di bagian otot tangan dan bagian otot tubuh bagian belakang. Saya mengira itu adalah penyakit jantung dan akhirnya saya memutuskan untuk cek EKG dan ternyata hasilnya normal.

Beberapa waktu lagi, saya merasakan gejala lainnya seperti, nyeri ulu hati, maag perih, mual seperti mau muntah tapi tidak bisa muntah, keringat dingin, sakit kepala, meriang, lemas, pencernaan tidak enak, frekuensi buang air besar meningkat, buang air kecil pun seperti itu, sering sendawa dan di susul dengan gatal gatal seperti ada semut berjalan di tangan dan kaki. Kalau di garuk akan timbul ruam merah. Saya sudah pergi ke 4 dokter dan diberikan obat. Saya rasa obat obat yang mereka berikan tidak ada yang manjur. Saya mau menanyakan, apakah saya memang menderita penyakit yang ada hubungannya dengan kejiwaan Dok? Jika ya, saya mohon solusinya dok.

 

(Daniel, 22 , Jakarta)

 

 

JAWAB :


Daniel yang baik,

Apa yang dialami oleh Daniel mirip dengan gejala-gejala yang biasanya dialami oleh Pasien gangguan cemas panik. Pasien yang mengalami masalah ini biasanya mengeluh adanya serangan tiba-tiba yang berhubungan dengan peningkatan sistem saraf otonom yang berkaitan dengan organ jantung, paru dan lambungnya.

Kondisi ini bisa berulang dan menimbulkan kecemasan yang luar biasa di saat terjadinya serangan. Kondisi medis umum tentunya harus disingkirkan termasuk juga pemeriksaan fungsi hormon tiroid selain EKG yang sudah dilakukan. Jika memang tidak terdapat masalah dalam kondisi medis umumnya maka ada baiknya berpikir untuk berkonsultasi di psikiater terdekat di kota anda.

Pasien seperti Daniel sehari-hari saya hadapi di Klinik Psikosomatik RS OMNI tempat saya berpraktek. Keluhan-keluhan fisik seperti yang Daniel katakan oleh awam sering kali disebut keluhan Psikosomatik.

Diagnosis dasar dari keluhan ini harus ditetapkan sebelum memulai terapi yang tepat untuk perbaikan kualitas hidup. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com