Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masak dengan "Microwave" Kurangi Nutrisi Pangan?

Kompas.com - 13/05/2014, 10:06 WIB


KOMPAS.com --
Banyak sekali saran mengenai nutrisi yang datang kepada Anda. Sarannya pun macam-macam. Kadang sulit untuk melacak apa yang baik untuk Anda dan apa yang tidak. Nah, untuk membantu, setidaknya inilah 3 mitos makanan dan kebenaran di baliknya.

Mitos pertama: Menggunakan microwave dapat membunuh nutrisi makanan
Menggunakan microwave adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kebaikan dalam sayuran tetap utuh. Merebus justru dapat mengeluarkan vitamin dan mineral yang berharga. Sedangkan microwave memanaskan makanan tanpa menggunakan banyak air, sehingga nutrisi makanan tetap tersimpan.

Mitos kedua: Sebaiknya menghindari makanan berwarna putih
Ahli gizi menganjurkan agar kita mengonsumsi makanan berwarna cerah dan lebih beragam. Konon, itu baik. Dan itu memang masih benar. Misalnya, wortel dan stroberi yang tinggi beta-karoten, antioksidan penting yang melawan peradangan dalam sel. Sementara makanan berwarna hijau gelap adalah sumber yang kaya antioksidan, serat, kalsium, dan vitamin seperti C dan K.

Tetapi, ini hanya mitos tentang makanan. Tidak berarti bahwa makanan berwarna “putih” bergizi buruk, lho! Bahkan, kembang kol, bawang putih, bawang, jamur, dan kentang merupakan sumber serat yang baik, antioksidan, dan potasium. Jika Anda menambahkan brokoli dan sedikit keju, itu bisa menjadi makanan yang memuaskan bagi seseorang yang mencoba untuk menurunkan berat badan.

Mitos ketiga: Jus membantu Anda menghilangkan racun
Mitos tentang makanan berikutnya adalah ketika orang berpikir jus merupakan cara yang baik untuk detoksifikasi tubuh. Tapi harus diingat, Anda memiliki organ untuk detoksifikasi, yaitu hati. Mungkin tidak akan membahayakan jika tak keseringan. Tetapi, untuk menurunkan berat badan, itu bukan ide yang baik karena menghalangi Anda dari protein dan lemak, dan bisa mengakibatkan hilangnya otot.

Itulah 3 mitos makanan dan kebenaran di baliknya yang perlu Anda tahu. Tak perlu takut mengonsumsi makanan apa pun. Asal tidak berlebihan, tidak masalah bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com