Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2014, 14:39 WIB


TANYA:

Dok, sebelumya saya ucapkan terima kasih dengan adanya forum ini.  Mau tanya anak saya umur 10 bulan, sekitar 2 minggu yang lalu anak saya mengalami kejang akibat panas dari jam 1 siang s/d 11 malam tanpa penangan medis. Saat ini kondisinya normal, tapi saya tetap cemas mengenai pengaruh kejang pada kesehatannya. Bagaimana cara mengetahuinya dok, perlukah saya bawa ke dokter?
(Rohisnawati, Waingapu)


JAWAB:

Kemungkinan besar kejang yang dialami oleh anak ibu adalah kejang demam, yaitu kejang yang muncul akibat peningkatan suhu tubuh yang kemudian mengakibatkan aktifasi bangkitan listrik di sel-sel otak yang berlebihan sehingga terjadilah kejang.

Sayang sekali ibu tidak mencantumkan pola atau bentuk kejang, lama kejang serta apakah setelah kejang selesai ia kembali sadar, karena hal-hal tersebut dapat menjadi faktor prognosis dari kejang yang dialaminya.

Namun mengingat saat ini dia telah kembali normal meskipun tanpa penanganan medis di saat ia kejang, maka kemungkinan ia hanya mengalami kejang demam sederhana yang termasuk tidak berbahaya.

Kejang yang berulang dalam satu episode demam, kejang lebih dari 15 menit, disertai penurunan kesadaran pasca kejang atau ada gangguan fungsi motorik maupun kognitif, adalah termasuk yang mengharuskan ia segera dibawa ke dokter (emergensi).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com