Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2014, 08:21 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber Menshealth

 

 

KOMPAS.com - Bagi siapapun yang pernah mengalami kutil, tentu tahu rasa sakit dan tidak nyaman yang ditimbulkannya. Kutil bisa timbul di pada telapak kaki dan biasanya sulit untuk dihilangkan.

Kendati demikian, penyakit ini bukannya tidak mungkin untuk disembuhkan. Berikut cara tepat dan mudah untuk menghilangkannya.

1. Gunakan plester
Mengaplikasikan plester pada kutil merupakan cara lama yang terkadang bisa berguna. Sebenarnya, plester bukannya menghilangkan kutil namun benda tersebut memicu reaksi alergi yang merangsang sistem imun untuk bekerja sendiri membunuh virus. Seperti yang diketahui, kutil disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV) pada kulit. Infeksi dimulai saat terjadi kontak dengan bakteri tersebut pada tanah, pinggir kolam renang, hingga lantai ruang ganti.

Pete Smith, wakil presiden Pennyslvania Podiatric Medical Associaton mengatakan, cara menggunakan plester untuk memusnahkan kutil adalah dengan menempelkan plester pada kutil hingga sekitar enam hari kemudian lepaskan, biarkan kulit beristirahat semalaman. Ulangi kembali sampai kutil hilang.

2. Gunakan obat kulit
Obat kulit yang mengandung asam salisilat terbukti efektif dalam menghilangkan kutil. Smith menyarankan untuk memilih produk dengan persentase kandungan asam salisilat yang tertinggi karena itulah yang paling efektif.

Tujuan menggunakan obat kulit adalah untuk menghilangkan kulit-kulit yang menebal di sekitar kutil. Ini perlu supaya pengobatan virus yang dipakai dapat meresap lebih dalam ke kulit sehingga cepat menyelesaikan pokok permasalahan timbulnya kutil.

3. Hindari pisau
Menurut Dawn Marie Davis, ahli kulit dari Mayo Clinic, menggunakan pisau atau benda tajam lainnya untuk menghilangkan kutil hanya akan menyakiti diri sendiri. Selain itu, virus dapat lebih mudah menyebar ke tempat lain dan menyebabkan kutil baru.

4. Minta bantuan profesional
Cara paling mudah menghilangkan kutil mungkin adalah pergi ke dokter kulit untuk mendapat pertolongan. Dokter mungkin akan memberikan obat-obatan yang berbeda, namun umumnya lebih efektif daripada obat-obat yang dijual bebas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com