Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Pertamina Peduli Kesehatan Kaum Perempuan

Kompas.com - 02/10/2014, 15:43 WIB
advertorial

Penulis

Oktober adalah bulan peduli kanker payudara sedunia, karena menurut Rumah Sakit Kanker Dharmais ada sebanyak 819 pasien pendeirta kanker payudara yang terdata di Indonesia pada tahun 2013.

Selain ada lembaga yang memang peduli dengan kanker payudara, ada pula perusahaan yang menganggap pentingnya menjaga kesehatan payudara khususnya bagi kaum perempuan. Pada Kamis (25/9) lalu, Pertamina bekerjasama dengan Yayasan Kanker Payudara Jakarta (YKPJ) menyelenggarakan sosialisasi Kesehatan Payudara dan Pemeriksaan Mammography gratis, khusus bagi Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) atau tenaga outsourching perempuan yang berusia minimal 35 tahun, di lingkungan Kantor Pusat Pertamina.

“Ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina kepada TKJP perempuan di lingkungan kantor pusat Pertamina. Salah satu unsur yang penting dalam pembangunan SDM bangsa yang masih menjadi salah satu tantangan tersendiri adalah aspek kesehatan termasuk kesehatan Ibu,” ungkap Manager Employee & Outsourching Pertamina, Nuniel Tribudiastuti.

Adanya acara sosialisasi Kesehatan Payudara dan Pemeriksaan Mammography gratis menurut Nuniel, selain sebagai bentuk kepedulian Pertamina juga sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan di lingkungan Pertamina khususnya bagi karyawan perempuan dan juga untuk mendeteksi secara dini kanker payudara.

Sosialisasi tersebut diisi oleh Ketua Harian YKPJ, Dr. Walta Gautama, Sp. B (k) Onk yang memaparkan bahwa setiap wanita memiliki kemungkinan terkena kanker payudara karena adanya proses hormonal. Sehingga jika terjadi rangsangan hormonal yang terlalu besar maka akan beresiko mengidap kanker payudara. Karena itulah, faktor resiko kanker payudara harus dicegah misalnya dengan menyusui bagi wanita memiliki anak, menjaga pola hidup sehat dan tidak mengkonsumsi lemak secara berlebihan.

Hadirnya alat pemeriksaan mammography mobile yang juga merupakan sumbangan Pertamina kepada YKPJ menjadikan sosialisasi Kesehatan Payudara dan Pemeriksaan Mammography gratis kian lengkap. Karena, itu setiap karyawan perempuan di lingkungan Pertamina dapat melakukan pemeriksaan dini kanker payudara secara gratis. Kelebihan dari mammography ini menurut Dr. Walta Gautama dapat melihat tanda ganas dari kanker walaupun belum terlihat benjolan. (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com