Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/10/2014, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Meski bekerja di rumah sakit menangani pasien, tapi dokter tak mudah tertular penyakit. Ini karena mereka melakukan banyak upaya pencegahan. Kita juga bisa meniru hal-hal yang mereka lakukan, terutama ketika di sekitar kita sedang banyak yang jatuh sakit.

1. Mencuci tangan
Dokter hampir selalu membersihkan tangan mereka dengan sabun atau cairan disinfektan sebelum menyentuh pasien atau peralatan medis. Tujuan tindakan itu adalah mencegah pasien terpapar bakteri.

Meski tak berhubungan dengan pasien, tapi biasakan pula untuk selalu mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda yang dipakai banyak orang, seperti tombol lift atau bersalaman dengan orang, atau sebelum makan dan mengolah makanan.

2. Bawa cairan pencuci tangan
Di semua tempat di rumah sakit selalu tersedia cairan pencuci tangan sehingga dokter bisa dengan mudah membersihkan tangannya di mana saja.

3. Waspadai penularan penyakit lewat udara
Bakteri bisa berpindah melalui udara, termasuk lewat percikan batuk, bersin, bahkan saat sedang ngobrol. Menurut penelitian, virus flu bisa bertahan di udara sampai sejauh 1,8 meter dari orang yang membawa virus.

4. Lakukan vaksinasi
Ada banyak penyakit yang bisa dicegah melalui vaksinasi, bukan hanya pada anak-anak tapi juga orang dewasa. Jika Anda sering bepergian, sebaiknya Anda melakukan vaksinasi secara teratur. Konsultasikan pada dokter vaksinasi apa saja yang harus Anda dapatkan.

5. Gaya hidup sehat
Untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga tak gampang sakit, tentu yang paling utama adalah kesehatan tubuh secara umum harus prima. Meski sepele tapi hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga pola makan, olahraga, tidur cukup, dan kendalikan stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com