Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Akibatnya Jika Anak Sering Gunakan Gadget di Tempat Tidur

Kompas.com - 06/01/2015, 13:59 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber WebMD


KOMPAS.com
– Apakah anak-anak Anda sering memainkan gadget di atas tempat tidurnya sebelum tidur. Jika, ya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut.

Berdasarkan sebuah penelitian, menggunakan smartphone di atas empat tidur akan mempengaruhi kualitas tidur anak. Anak-anak akan kurang tidur dan merasa mengantuk di siang hari. Penelitian ini melibatkan lebih dari 2000 anak-anak sekolah dasar dan sekolah menengah.

Penulis studi Jennifer Falbe dari Sekolah Kesehatan Masyarakat di UniversitasCalifornia, Berkeley mengatakan, memainkan gadget bahkan lebih mengganggu kualitas tidur dibanding menonton televisi.

Layar smartphone yang lebih kecil menjadi perhatian khusus penelitian ini. Sebab, dalam layar kecil tersebut tersedia berbagai konten seperti games atau permainan, video, website dan teks, yang sangat mudah digunakan di mana pun, termasuk tempat tidur.

"Anak-anak yang tidur di dekat layar kecil (smartphone) lebih mungkin mengalami kurang tidur dibanding yang tidak," kata Falbe seperti dikutip dari Webmd.com.

Menurut Falbe, tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan anak. Penelitian ini telah dipublikasikan secara online pada 5 Januari 2014 dan dalam media cetak di jurnal Pediatrics.

"Tidur penting untuk kesehatan anak, pengembangan dan kinerja anak di sekolah. Banyak anak yang tidak cukup tidur," kata Falbe.

Menurut the U.S. National Heart, Lung, and Blood Institute, anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah,  membutuhkan waktu tidur sekitar 10 jam setiap harinya. Sementara itu, remaja membutuhkan sekitar 9 sampai 10 jam waktu tidur.

Penelitian ini melibatkan 2.050 anak laki-laki dan perempuan. Peneliti menanyakan tentang perangkat elektronik di kamar tidur, jam berapa anak-anak pergi tidur, jam berapa mereka bangun, dan berapa banyak selama seminggu mereka membutuhkan waktu untuk lebih banyak tidur.

Anak-anak yang memiliki TV di kamar mengaku waktu tidurnya berkurang selama 18 menit. Sementara itu, untuk anak-anak yang tidur dengan smartphone-nya kurang tidur selama sekitar 21 menit. Anak-anak yang tidur dengan gadget mereka lebih membutuhkan banyak tidur dibanding yang tidak.

Jadi, apa yang bisa dilakukan para orangtua di era teknologi ini? Menurut Falbe, orangtua harus mengatur jam malam untuk anak menggunakan perangkat elektronik. Sebaiknya anak juga dilarang menggunakan smartphone di atas tempat tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com